Internasional

ISIS Jual Artefak Suriah di Facebook

Salafynews.com, DAMASKUS – Kelompok teror ISIS telah berusaha menjual beberapa artefak kuno yang tak ternilai harganya  melalui jejaring sosial Facebook. Artefak-artefak kuno tersebut adalah hasil jarahan mereka di Suriah.

Manuskrip SuriahMenurut sebuah laporan pada hari Jum’at kemarin, kelompok takfiri itu telah menawarkan sejumlah koin uang logam kuno, prasasti-prasasti tanah liat, patung-patung emas dan manuskrip-manuskrip Hebrew dan Aram di jejaring media sosial. Semua artefak yang tak ternilai harganya itu diyakini telah dijarah milisi ISIS dari situs-situs arkeologi Suriah.

Setelah mendapat laporan mengenai perdagangan illegal tersebut, pihak facebook kemudian menghapus halaman yang memuat gambar barang-barang curian itu.

“Kita mungkin tidak selalu bisa mengidentifikasi artefak-artefak curian tersebut, tapi selama ada seseorang yang melaporkan kepada kami, maka kami akan menghapus konten tersebut,” ungkap Matt Steinfeld, jurubicara pribadi facebook.

Laporan itu juga menyatakan bahwa ISIS berusaha menjual barang-barang antik yang sangat berharga  mealui perantara media sosial karena museum-museum dan rumah-rumah lelang di seluruh dunia telah diperingatkan untuk tidak melayani perdagangan barang-barang warisan dunia milik Suriah itu.

Palmyra“Kami selalu waspada mengenai barang-barang seperti ini, berbagai upaya juga dilakukan supaya bisa mengenali barang-barang jarahan yang dijual di pasar seni. Kami juga bekerja sama dengan UNESCO, Interpol dan entitas-entitas lainnya untuk memastikan bahwa usaha-usaha penjualan ilegal semacam ini bisa segera tertangkap,” ungkap Sung-hee Kim, seorang juru bicara rumah lelang Cristie.

Kelompok takfiri ini dikabarkan sudah berhasil meraup 100 juta dolar Amerika melalui penjualan barang-barang arkeologi, tambah laporan tersebut.

Kelompok teror ISIS hingga kini telah menghancurkan banyak artefak dan sejumlah situs-situs bersejarah di Irak dan Suriah, termasuk kota kuno Assyirian dan Nimrud di Irak Utara, serta Museum Ninawa di Mosul. Ada juga kekhawatiran bahwa militan Takfiri merusak kota bersejarah Palmyra di provinsi Suriah Homs. (lm/press)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: