Internasional

ISIS Rilis Video Penghancuran Kuil Baal Shamin di Palmyra

SURIAH, Salafynews.com – Penghancuran Baal Shamin terasa seperti “luka di hati saya,” kata arkeolog Suriah Maamoun Abdulkarim. “Semua kenangan saya tercabik-cabik; Saya kehilangan bagian dari diri saya. Rasanya seperti rumah keluarga saya telah dibakar. Saya merasa terhina atas ketidakberdayaan kita dan ketidakberdayaan masyarakat internasional untuk menghentikannya”, tambahnya.

Teroris Takfiri pada Selasa (25/8) merilis beberapa gambar yang memperlihatkan pehancuran kuil Baal Shamin yang berusia 2.000 tahun di kota kuno Palmyra. Rangkaian foto menunjukkan anggota kelompok ISIS menempatkan barel dan bahan peledak yang ditempatkan di drum-drum di sekitar candi.

Kuil_Baal_Shamin

Teroris ISIS sedang menempatkan bahan peledak di seluruh ruangan kuil

001_Kuil_Baal_Shamin

Bahan peledak terpasang di berbagai sudut kuil

002_Kuil_Baal_Shamin

003_Kuil_Baal_Shamin

Kuil Baal Shamin diledakkan

004_Kuil_Baal_Shamin“Hal ini cukup mudah untuk melihat kerusakan situs warisan sebagai sesuatu yang dapat dibangun kembali, jika semua yang kita lihat adalah fisik; itu jauh lebih sulit untuk memahami efek pembersihan budaya dalam jangka panjang, dan untuk benar-benar menyerap dampaknya terhadap suatu negara, ” kata Lynda Albertson, kepala eksekutif dari Asosiasi untuk Penelitian Kejahatan terhadap Art, kepada The Guardian.

Kuil Baal Shamin, terletak di komplek Palmyra, Provinsi Homs, 215 kilometer timur laut dari ibukota Suriah Damaskus. Kuil itu diledakkan pada hari Minggu (23/8) oleh kelompok teroris ISIS. Kota ini dianggap sebagai salah satu pusat kebudayaan dunia yang paling kuno dan penting, namun diserbu oleh gerombolan ISIL pada 21 Mei 2015. [PressTV/SFA]

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: ISIS Kembali Hancurkan Kuil Kuno di Palmyra | SalafyNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: