Internasional

Heboh, Israel Adakan Pertemuan Rahasia dengan Negara-Negara Arab

Salafynews.com, Amman – Sebuah laporan menyatakan, beberapa duta besar dari negara-negara Arab yang tidak menunjukkan hubungan terbuka dengan rezim Tel Aviv melakukan pertemuan rahasia dengan pejabat Israel di Yordania.

Dilansir Ma’an News Agency, Laporan yang diterbitkan pada Selasa(19/5) oleh sebuah stasiun Radio Israel, Voice of Israel itu, tidak menyebutkan kejelasan duta besar negara-negara mana saja yang menghadiri pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan rahasia itu, perwakilan Negara-negara Arab yang hadir, mengungkapkan ketertarikan Negara-negara yang mereka wakili tertarik mengadakan kerjasama dengan Israel terkait urusan “keamanan” di Timur-Tengah.

Laporan tersebut juga menambahkan bahwa delegasi Uni Eropa serta Amerika Serikat juga menghadiri pertemuan.

Lebih lanjut, beberapa Negara Arab itu juga menyatakan bahwa Timur-Tengah harus bersiap menghadapi “realitas baru” di wilayah itu.

Selama ini, hanya Mesir dan Yordania yang memiliki hubungan terbuka dengan Israel.

Pada 15 April 2014, menlu Israel, Avigdor Lieberman mengatakan bahwa Tel Aviv telah melakukan pembicaraan rahasia dengan beberapa Negara Arab termasuk Saudi Arabia dan Kuwait dalam rangka membentuk hubungan diplomasi bersama melawan Iran.

“Ada komunikasi yang sudah sangat dekat sampai dengan tahap realisasi, dalam kurun satu tahun ke depan atau delapan belas bulan lagi, hal ini tidak akan menjadi rahasia lagi, semuanya akan dilakukan secara terbuka” ungkap Liebermen sebagaimana dikutip koran  Yedioth Ahronoth

Surat kabar itu juga menyebutkan Menlu Israel juga berkata bahwa “perdamaian” baru antara Negara-negara Arab dan Israel akan ditanda-tangani pada tahun 2019.

Sejauh ini, Saudi Arabia dan Kuwait masih menyangkal adanya pertemuan rahasia dengan Tel Aviv tersebut. (lm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: