Internasional

Israel Akui Bantu Pemberontak Suriah

Salafynews.com, TEL AVIV – Menteri Pertahanan Israel, Moshe Ya’alon pada hari Senin (29/6) mengakui bahwa pemerintahannya telah membantu para pemberontak Suriah untuk melawan pemerintahan Bashar Assad dengan syarat mereka harus menjaga perbatasan Israel-Suriah tetap aman. Perlindungan terhadap minoritas Druze dari bahaya juga merupakan syarat yang diajukan Israel untuk dukungan yang diberikannya. Moshe Yal’oon menyatakan pengakuan ini dalam jumpa wartawan diplomatik Israel di Tel Aviv.

Menhan Israel Moshe Ya'alon

Menhan Israel Moshe Ya’alon

“Ketika seseorang terluka dan mendekati perbatasan, kamu perlu menawarkan pengobatan untuknya,” ungkapnya sebagaimana dikutip surat kabar Al-Quds. Ia mengatakan bahwa Israel telah mengirimkan pesan melalui pemberontak Suriah yang terluka itu, bahwa jika mereka ingin bantuan Israel terus berlangsung untuk mereka, maka para pemberontak itu harus tetap berpegang pada syarat-syarat dari Israel.

Menurut Ya’alon, lebih dari 1000 pemberontak Suriah telah menerima bantuan medis dari rumah sakit-rumah sakit di Israel semenjak pemberontakan meletus di tahun 2011. “Israel akan tetap bersikap lembut kepada kaum Druze,” tambahnya sebagaimana diberitakan The Times of Israel.” Di satu sisi membantu para pemberontak dan di sisi lain tetap merasa bahwa kami telah bersikap lembut kepada kaum Druze”.

Minggu lalu sekelompok kaum Druze di wilayah pendudukan Dataran Tinggi Golan menyerang ambulans Israel yang membawa dua orang pemberontak Suriah. Salah satunya telah tewas dan lainnya mengalami luka serius. Baca Israel Culik 9 “Tersangka” Druze Penyerangan Dua Ambulan Militer

Kaum Druze itu sudah bertindak ”tidak bertanggung jawab” minggu lalu,” ungkap Ya’alon. “Orang yang ada di dalam ambulans itu tidak berafiiasi dengan Jabhat al-Nusra, dan kematiannya akan meyebabkan balas dendam.

Menurut pejabat Israel, 110.000 kaum Druze hidup di utara Israel, dengan 20.000 diantaranya tinggal di wilayah pendudukan Dataran Tinggi Golan. (SFA/LM/MEM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: