Internasional

Israel Bebaskan Pelaku Pembakaran Bayi Ali Dawabsheh Tanpa Syarat

7 Januari 2016

TEL AVIV, SALAFYNEWS.COM – Mordechai Meyer, teroris Israel yang menewaskan seorang balita Palestina dan orang tuanya dalam serangan pembakaran di Yerusalem, desa Duma, Tepi Barat, pada tanggal 31 Juli 2015, dibebaskan tanpa syarat dari penjara pada hari Minggu, 3 Januari 2016 kemarin.

Meskipun dua orang lain yang bersama Meyer dijatuhi hukuman karena dikatakan terbukti bersalah, warga Palestina percaya bahwa kasus tersebut tidak ditangani Israel dengan adil. Mereka mengatakan, penyerang Palestina dengan cepat diringkus pasukan keamanan Israel, sedangkan militan Yahudi yang telah melakukan serangan selama bertahun-tahun dapat dikatakan selalu bebas dari hukuman atau dihukum ringan.

Insiden pembakaran rumah itu secara luas dipandang seba­­gai katalisator yang memicu gelombang serangan warga Palestina yang hampir tiap hari terhadap orang Israel yang selama empat bulan terakhir dan tidak memperlihatkan tanda-tanda mereda.

Karena insiden tersebut Israel telah menghadapi tekanan untuk menyeret orang-orang yang bertanggung jawab atas kasus pembakaran di Tepi Barat itu ke pengadilan.

Ali Saad Muhammad Dawabasheh nama lengkap bayi yang dipanggang pemukim Israel itu usianya baru 18 bulan saat gugur terpanggang api yang membakar rumah keluarganya di Desa Douma, selatan Kota Nablus, Tepi Barat, Palestina.

Peristiwa itu terjadi di pagi buta menjelang pukul 03.00 pada Jumat 31 Juli 2015. Sekelompok warga Israel penghuni pemukiman Yahudi di Tepi Barat mengetok jendela rumah Saad Dawabasheh (30 tahun). Ketika jendela dibuka oleh tuan rumah untuk mengetahui apa yang terjadi, tiba-tiba beberapa bom molotov (botol yang telah diisi dengan bensin dan diberi sumbu) dilemparkan ke dalam rumah. Sebelum melarikan diri mereka juga membakar rumah di sebelahnya. Dalam waktu singkat, dua rumah itu pun terbakar habis. (Sfa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: