Internasional

Italia, Perancis, Jerman Tanda Tangani Proyek Drone Eropa

Salafynews.com, BRUSSELS – Italia. Perancis dan Jerman sepakat mengembangkan program drone Eropa untuk pengawasan dan pengintaian, Senin(18/5).

Kesepakatan ini dibuat dalam rangka menindak-lanjuti sebuah proposal yang diajukan pertama kali di tahun 2013 demi mengurangi ketergantungan teknologi kepada AS dan Israel.

Dalam seremonial penandatangan kesepakatan itu, menteri pertahanan ketiga Negara sama-sama berjanji untuk melaksanakan studi delama dua tahun guna meletakkan dasar bagi proyek drone Eropa yang direncanakan akan beroperasi pada tahun 2025 itu. Dikatakan juga, Spanyol dan Polandia telah menunjukkan keinginan mereka bergabung dalam proyek tersebut.

“Ini adalah langkah yang sangat penting bagi kerjasama negara-negara Eropa, sebuah kerjasama penting yang harus dimiliki sebagai jalan keluar pada banyak bidang,” ungkap menteri pertahanan Perancis diamini oleh rekan-rekannya dari Jerman dan Italia.

Setelah kesalahan yang terjadi di tingkat nasional, ketiga negara kini siap untuk bekerjasama dalam riset untuk mengembangkan teknologi drone bagi kepentingan bersama, setelah sebelumnya persaingan kepentingan nasional, persaingan perusahaan dan kurangnya dukungan pemerintah telah menghentikan sementara usaha ini beberapa tahun lalu.

Perusahaan Airbus, Dassault dan Alenia Aermacchi ditenggarai sebagai perusahaan yang akan melaksanakan proyek besar tersebut.

Selama ini, sebagian besar drone yang dioperasikan negara-negara Eropa and Angkatan Bersenjatanya berasal dari AS atau Israel. Para pejabat dan pelaku industri Eropa menganggap bahwa ketergantungan pada teknologi asing adalah buruk bagi kemampuan industri dan militernya.

Tujuan Uni Eropa adalah menciptakan drone Medium-altitude, Long-Endurence(MALE). Jenis drone yang bisa terbang hingga 9000 meter untuk 24 jam.

Eropa ingin sebuah drone yang fleksibel dan bisa digunakan untuk tujuan-tujuan kemasyarakatan seperti mengontrol perbatasan, pemadam kebakaran, dan memantau bencana. Seorang diplomat Uni Eropa menyatakan bahwa mereka juga seharusnya memiliki drone untuk peran militer seperti membawa senjata.(LM/reuters)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: