Nasional

Janji Saudi Santuni Korban Mekkah Tak Kunjung Turun

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Hingga kini, Pemerintah Arab Saudi belum juga memberikan santunan yang dijanjikan bagi korban musibah jatuhnya crane di Mekkah, Arab Saudi, pada September lalu.

Menurut Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Abdul Jamil membenarkannya, memang belum terealisasi santunan tersebut hingga hari ini. Namun, pihak Kemenag berjanji akan terus berhubungan dengan Pemerintah Arab Saudi. (Baca DPR Desak Kemenag Tagih Janji Saudi Soal Hak Korban Mina dan Crane)

“Kita melalui KBRI senantiasa melakukan kontak dengan otoritas Saudi,” kata Abdul saat dihubungi Kompas, Senin (16/11/2015).

Dari informasi yang terakhir didapatkannya, Pemerintah Arab Saudi saat ini tengah memproses terkait santunan tersebut. (Baca Kerajaan Saudi dan Amerikaisasi Kota Suci Umat Islam)

Pemerintah Arab Saudi sebelumnya menjanjikan santunan sebesar 1 juta riyal atau Rp 3,8 miliar bagi semua keluarga korban meninggal dan cacat fisik tetap serta 500.000 riyal atau Rp 1,9 miliar untuk korban luka.

Sementara itu, untuk santunan dari Pemerintah Indonesia, Abdul mengatakan sedang dalam proses bahkan ada yang sudah selesai diproses. Namun, untuk jumlah anggota jemaah yang santunannya telah cair, dia mengatakan perlu melihat data lebih lanjut. (Baca 10 Alasan Mengapa Kerajaan Saudi Wajib Ditentang)

“(Santunan dalam negeri) sudah jalan dan ada yang sudah selesai,” ujar Abdul.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Humas Kementerian Agama Rosidin Karidi mengatakan, besaran santunan asuransi dalam negeri untuk anggota jemaah wafat karena kecelakaan adalah sebesar Rp 35 juta.

Santunan tersebut merupakan santunan asuransi jiwa hasil kerja sama pemerintah dengan perusahaan asuransi. (Baca Wahabi, Radikalisme Diantara ISIS dan ATHEIS)

“Kalau santunan asuransi dalam negeri untuk jemaah wafat karena kecelakaan itu Rp 35 juta. Informasi yang saya tahu sebagian besar sudah cair,” ujar Rosidin.

Jumlah anggota jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia dalam musibah crane jatuh di Masjidil Haram berjumlah 12 orang. Sementara itu, jumlah korban cedera dan sempat dirawat di rumah sakit sebanyak 42 orang. (SFA)

Sumber: Kompas

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Arab Saudi Tangguhkan Ibadah Haji Jika Ahok Tidak Dipenjara, Hoax | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: