Internasional

Jelang Hari Raya Yom Kippur, Israel Jalankan Proyek Yudaisasi Al-Aqsa

YERUSALEM, Salafynews.com – Lebih dari 30 nama jalan di Yerusalem Timur – selama ini memakai bahasa Arab – bakal diganti menggunakan bahasa Ibrani, seperti dilansir the Jewish Press. (Baca Israel Perketat Blokade Al-Aqsa Jelang Yom Kippur dan Idul Adha)

Dewan Kota Yerusalem mengesahkan perubahan nama-nama jalan diambil dari Torah itu. Keputusan ini muncul di tengah ketegangan menjelang Hari Raya Yom Kippur, untuk meminta pengampunan dosa kepada Tuhan.

Penggantian nama-nama jalan itu ke dalam bahasa Ibrani berlangsung di tengah konflik memanas antara Palestina dan Israel, menyusul bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa pekan lalu. Presiden Palestina Mahmud Abbas sudah memperingatkan ketegangan ini bisa memicu pecahnya intifadah ketiga. (Baca Komunisme dan Wahabisme Lahir dari Rahim Yahudi)

Para anggota Knesset (parlemen Israel) berdarah Arab murka oleh keputusan ini. “Mengubah nama-nama jalan itu dengan bahasa Ibrani adalah pemicu dan makin membakar ketegangan di Yerusalem,” kata Ahmad Tibi kepada situs
berita Walla.

Penduduk Yerusalem Timur geram setelah mendengar kabar itu. “Ini bagian dari satu rencana. Pertama Yudaisasi Al-Aqsa, kedua desa-desa Arab, ketiga sejarah dan nama,” ujar seorang lelaki Palestina menolak disebut identitasnya.

Dewan Kota Yerusalem beralasan nama-nama baru ini mencerminkan adanya warisan sejarah Yahudi di tempat itu.

Israel memang sudah menegaskan Yerusalem sebagai ibu kota abadi mereka dan tidak dapat dibagi dua dengan Palestina. Sedangkan rakyat Palestina memimpikan sebuah negara beribu kota di Yerusalem Timur. (SFA/JW/AM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: