Fokus

Jenderal Garda Iran Dibunuh Takfiri ISIS Pendukung Daulah Islamiyah

Salafynews.com, SURIAH – Presiden Iran Hassan Rouhani turut berbelasungkawa atas pembunuhan Brigadir Jenderal Hossein Hamedani, seorang komandan senior Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC), oleh kelompok teroris di Suriah.

Jenazah Jenderal

Jenazah Brigadir Jenderal Hossein Hamedani

Dalam pesan pada hari Jumat, Rouhani mengatakan pembunuhan komandan IRGC selama misi penasihat untuk membantu memperkuat gerakan perlawanan dalam memerangi kelompok teroris Takfiri ISIS dan sekutunya adalah sebuah “kerugian besar dan menyebabkan kesedihan mendalam.”

Presiden Iran mengatakan Hamedani memainkan peran utama dalam membangun IRGC dan berhasil menjalankan operasi yang berbeda selama delapan tahun pertahanan suci melawan invasi Irak pada 1980-an.

Rouhani juga mengucapkan belasungkawa kepada Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei, Angkatan Bersenjata Iran, khususnya pasukan IRGC, dan untuk semua orang Iran.

IRGC mengumumkan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Sepah News pada Jumat (9/10) bahwa Hamedani telah dibunuh oleh teroris ISIS selama misi penasihat di pinggiran kota Suriah Aleppo malam sebelumnya.

Reaksi Iran

Dalam pesan Jumat, Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif mengatakan pembunuhan Hamedani oleh teroris Takfiri adalah kerugian besar, dan menyerukan masyarakat internasional untuk memprioritaskan urgensinya memerangi terorisme.

IRGC Komandan Mayor Jenderal Mohammad Ali Jafari juga memuji almarhum atas perannya dalam perlawanan terhadap AS dan rezim Israel.

Dia mengatakan Hamedani dibunuh oleh tentara bayaran dari AS dan rezim Israel di wilayah yang didukung oleh negara-negara tertentu termasuk Arab Saudi, dan membunuh orang-orang Muslim dari Yaman, Irak, Suriah dan Bahrain.

Dalam pesannya, Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Hossein Dehqan mengatakan pembunuhan komandan IRGC pasti akan jalan sampai penentuan front perlawanan untuk memberantas terorisme.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi (SNSC) Ali Shamkhani mengatakan pembunuhan komandan Iran hanya akan mempercepat pemberantasan ISIS.

Wakil Menteri Luar Negeri untuk urusan Arab dan Afrika Hossein Amir-Abdollahian, mengatakan Hamedani memainkan peran kunci dalam meningkatkan keamanan regional dan internasional serta memerangi terorisme.

Dalam pesan terpisah, Ketua Parlemen Iran Ali Larijani, Hakim KY Ayatollah Sadeq Larijani Amoli dan Sekretaris Dewan Kebijaksanaan Mohsen Rezaei juga menyatakan belasungkawa mereka atas kematian Hamedani ini.

Militer Suriah telah memerangi kelompok teroris selama lebih dari empat tahun. Iran telah menawarkan militer Suriah dalam memerangi kelompok teroris. (SFA/PTV)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Dua Jenderal Iran Tewas di Suriah | SalafyNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: