Internasional

Jepang Setujui Dimulainya Proyek Pembangkit Nuklir Ketiga

Salafynews.com, TOKYO Otoritas Regulasi nuklir Jepang telah menanda tangani sistem  keamanan dasar untuk reaktor nuklir ketiga pada Rabu  kemarin. Hal ini dinilai sebagai langkah maju negara tersebut untuk mendorong kebangkitan industri atom  setelah bencana Fukushima 4 tahun lalu di 2011.

Keputusan ini akan memudahkan Shikoku Electric Power Co yang akan mengoperasikan stasiun energi Ikata di Prefektur Ehime untuk memenuhi 40 persen kebutuhan listrik masyarakat, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (20/5).

Menurut  pemerintahan Perdana Menteri Shizo Abe,  tenaga nuklir yang disediakan  oleh pembangkit listrik ketiga setelah Fukushima itu, adalah kunci untuk mengeluarkan diri dari krisis  ekonomi  terkait mahalnya harga energi.

Jepang mematikan reaktor nuklirnya untuk diperbaiki setelah kecelakaan Fukushima melumpuhkan pembangkit itu dan mengakibatkan daerah sekitarnya terpapar radiasi. Sejak itu, warga Jepang harus menghadapi harga energi yang lebih tinggi karena Jepang mengalihkan ketergantungannya ke bahan bakar fosil. Jepang menggunakan energi fosil dengan impor bahan bakar mencapai 7,78 triliun yen per tahun.

Persetujuan keamanan hanyalah salah satu syarat yang diajukan NRA sebelum izin final diberikan. Izin ini nantinya juga mencakup pemeriksaan operasional.

Dalam pertemuan NRA, standar reaktor yang disetujui kali ini berbeda dari sebelumnya pasca melelehnya reaktor nuklir Fukushima. Keputusan ini akan dipublikasikan sebulan sebelum disahkan.

Reaktor ke tiga Jepang Ikata, beroperasi sejak 1994 dengan kapasitas 890 megawatt. Sementara nasib dua reaktor Ikata lainnya masih belum jelas.

Dua reaktor nuklir lain yang dioperasikan Kansai Electric Power dan Kyushu Electric Power juga sudah melewati tahap pertama persetujuan NRA.(LM/reuters)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: