Amerika

John Kerry Kecam Senator Demokrat Tolak Kesepakatn Nuklir Iran

VIETNAM, Salafynews.com – Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengecam Senator Demokrat Charles Schumer karena memutuskan untuk menolak kesepakatan perundingan nuklir Iran, menunjukkan itu hanya akan mengarah ke opsi militer.

Kerry mengatakan di Vietnam pada Jumat (7/8/15) bahwa menolak kesepakatan 14 Juli “akan membawa rakyat menekan aksi militer, akibatnya Amerika Serikat akan jauh dari solusi diplomatik.”

Kritiknya itu datang satu hari setelah Schumer mengumumkan bahwa ia tidak akan memilih mendukung perjanjian setelah mempelajari itu.

Senator Yahudi itu mengatakan kesepakatan itu tidak memungkinkan inspeksi “di mana saja, kapan saja.”

Namun Kerry mengatakan bahwa ia “jelas sangat tidak setuju dengan keputusannya.”

“Ini pertanyaan yang menghilangkan opsi yang realistis,” tambah diplomat tertinggi AS. “Saya hormati atas penolakan itu namun bukan kebijakan untuk masa depan, ia tidak menawarkan alternatif.”

Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Earnest (AFP Photo)

Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Earnest (AFP Photo)

Sementara itu, Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Earnest mengatakan Jumat bahwa keputusan Schumer itu tidak mengejutkan.

Keputusan itu “tidak mengejutkan siapa pun di Gedung Putih ini, sekalipun jika itu mengecewakan,” kata Earnest.

Dia menambahkan bahwa 12 Demokrat – tujuh di DPR dan lima di Senat – mendukung kesepakatan Presiden Barack Obama dengan Iran.

Kongres pada bulan September akan memberikan suara terkait Rencana Aksi Bersama Menyeluruh (JCPOA) yang dicapai antara Iran dan P5 + 1 kelompok – Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China, Rusia dan Jerman – di Wina pada tanggal 14 Juli.

Menurut kesepakatan itu, Iran akan diakui oleh PBB sebagai kekuatan nuklir dan akan melanjutkan program pengayaan uraniumnya.

Sanksi yang ditetapkan kepada Iran akan dihapus dengan gantinya pembatasan beberapa program energi nuklir negara itu.

Senator Demokrat Tim Kaine, Bill Nelson, Barbara Boxer, Chris Murphy dan Patrick Leahy sejauh ini mendukung kesimpulan kesepakatan nuklir. [PressTV/SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: