Eropa

Kanada Sesali Pemutusan Hubungan dengan Iran

31 Maret 2016,

SALAFYNEWS.COM, OTTAWA – Menteri luar negeri Kanada mengatakan bahwa langkah negaranya yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran di tahun 2012 tidak memiliki konsekuensi positif apapun. Menlu Kanada itu juga mengungkapkan kesediaan negaranya menyambung kembali hubungan dengan Republik Islam itu.

“Pemutusan hubungan Kanada dengan Iran tidak memiliki konsekuensi positif bagi siapapun, tidak untuk masyarakat Kanada, bukan untuk masyarakat Iran, bukan untuk Israel, dan bukan untuk keamanan global,” kata Stéphane Dion pada Selasa (29/03), saat menghadiri sebuah konferensi internasional di Universitas Ottawa. (Baca: Ribuan Warga Yordania Demo Kedubes Israel Serukan Pemerintah Putuskan Hubungan Diplomasi Dengan Zionis Israel)

Pemerintahan mantan Perdana Menteri Kanada, Stephen Harper, memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada September 2012,  Dalam sambutannya di hari Selasa, Dion, yang bekerja di bawah pemerintahan baru Perdana Menteri Justin Trudeau, mengindikasikan keinginan Kanada untuk segera membuka kembali kedutaannya di Iran.

“Kedutaan Kanada di Iran telah ditutup selama lebih dari tiga tahun. Apa yang dihasilkan? Apakah benar cukup mengandalkan Italia untuk melindungi kepentingan kami di negara ini?” ungkap Dion. Selama ini Kanada mengurus kepentingannya di Iran melalui kedutaan Italia di Iran.

“Hari ini, Kanada harus kembali ke Iran untuk memainkan peran yang berguna di kawasan  … Kami diminta oleh semua pihak untuk berhubungan kembali, dan kami melakukannya,” katanya. (Baca: Kerry; Amerika Akan Bayar Hutang 400 Juta Dolar ke Iran Berikut Bunganya 1,3 Milyar Dolar)

Setelah kesepakatan Nuklir antara Iran dan negara P5+1 diraih, semua sanksi terkait nuklir yang dikenakan pada Iran oleh Uni Eropa, Dewan Keamanan PBB dan AS, telah dicabut. Dion menyatakan Kanada menyambut baik hal tersebut dan mendukungnya.

“Kanada seharusnya sangat mendukung upaya sekutu kami,” ungkap menteri luar negeri Kanada mengacu pada kelompok P5 + 1.

Dion lebih lanjut mengatakan bahwa, “Sejalan dengan pendekatan yang diambil oleh mayoritas sekutu kami dan [negara] yang berpikiran serupa, kami juga mengubah sanksi unilateral kami” terhadap Republik Islam Iran.

“Sanksi unilateral (terhadap Iran) yang dijatuhkan oleh hanya Kanada, bukan saja tidak akan berdampak efektif terhadap Iran, namun justru akan memiliki konsekuensi negatif bagi banyak keluarga dan bisnis di Kanada,” kata Dion, menambahkan keinginan membuka kedubes lagi di Iran. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: