Fokus

Kapolri Ingatkan Peserta Pilkada DKI Jangan Bawa Isu SARA dan Black Campaign

Sabtu, 24 September 2016,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian berharap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada tahun 2017 mendatang dapat berjalan lancar. Dia mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk tidak menggunakan isu SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) dalam ajang pemilihan Gubernur itu. (Baca: Denny Siregar: Tito Karnavian The New Avengers Jokowi)

“Jangan gunakan cara-cara menghalalkan segala cara ya termasuk kekerasan dan lain-lain. Tidak perlu juga ada isu-isu yang black campaign seperti masalah suku, agama, ras, kita semua sama,” ujar Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 23 September 2016. (Baca: Haruskah Kampanye di Tanah Suci?)

Menurut Tito, proses demokrasi dalam Pilkada DKI 2017, harus lebih mengedepankan kepada program kerja para kandidat calonnya tersebut.

“Tolong masalah isu-isu yang sensitif enggak usah diangkat. Lebih baik lihat calon berdasarkan kinerja,” kata dia.

Tito menyebut apabila Pilkada DKI Jakarta berhasil dan sukses terlaksana dengan baik, maka tentu akan menjadi etalase bagi daerah lain di Indonesia. (Baca: Isu SARA Jelang Pilkada, Ketum PBNU: Jangan Jual Nama Tuhan dalam Berpolitik)

Oleh karena itu, Tito mendorong kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu), aparat keamanan untuk betul-betul mendukung agar proses demokrasi berjalan dengan lancar.

“Kita sudah hampir 18 tahun berdemokrasi di era reformasi ini. Kita tunjukkan di Jakarta bahwa kita mampu berdemokrasi secara sehat,” ujar dia. (Baca: Nadirsyah Hosen: Syariat Islam dan Politisi)

Diketahui, saat ini pendaftaran bagi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur melalui jalur partai sudah dibuka oleh KPUD DKI Jakarta. Namun baru satu pasangan yang mendaftar yakni petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Selain Ahok-Djarot, rencananya pasangan yang baru saja dideklarasikan yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni juga akan mendaftar ke KPUD. (SFA)

Sumber: Viva.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: