Nasional

Kapolri Janji Usut Dugaan Makar

Selasa, 8 November 2016

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memastikan bahwa pihaknya akan menyelidiki kemungkinan adanya ancaman makar terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Hal ini menyusul orasi sejumlah tokoh ketika aksi demonstrasi 4 November 2016.

“Kita akan pelajari apakah itu (orasi) bisa masuk ke dalam pasal makar. Kalau masuk ke dalam pasal makar ya kami proses hukum, prinsipnya begitu,” kata Tito di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Selasa (8/11).

Dia menjelaskan, proses penyelidikan bertujuan untuk menemukan ada tidaknya unsur pidana. Dia menyamakannya dengan kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). “Samalah seperti kasus Ahok, kan ini dalam tahap penyelidikan sama dalam kasus itu (dugaan makar). Kami juga lakukan penyelidikan apakah ada unsur pidana,” jelasnya.

“Kalau pembunukan kan gampang itu jelas pidana, tapi kalau kasus-kasus ucapan yang kira-kira grey area (wilayah abu-abu) itu lebih kami melakukan penyelidikan. Nanti penyelidikan itu diakhiri dengan gelar perkara apakah nanti ada atau tidak (unsur pidana).”

Apabila unsur pidana terpenuhi, menurutnya, penyelidikan akan naik menjadi penyidikan. “Ditetapkan sebagai tersangka untuk berkasnya diajukan. Kalau ternyata nanti dalam penyelidikan ini tidak ditemukan maka penyelidikannya dihentikan,” tegasnya. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: