Nasional

Kasus Wamena Papua antara Falsafah Jawa dan Ujian Kerukunan Beragama

Salafynews.com, JAKARTA – Kasus Papua yang terjadi saat hari raya idul fitri itu merupakan pembelajaran bagi semua agama, semua orang. Pelajaran bagi Kristen bahwa kelompok radikalis juga ada di dalam agamanya. Pelajaran bagi muslim yang mengaku menang sesudah berpuasa sebulan, di berikan sedikit ujian ternyata banyak yang menang hanya di bibir saja tapi sumbunya tetap mudah menyala.

Kerukunan Umat Beragama

Pelajaran bagi Budha, bahwa seperti itulah yang dilakukan kelompok ekstrimis di agama mereka di Rohingya. Pelajaran bagi Hindu untuk semakin kuat menjaga wilayahnya dari isu-isu agama.

Pelajaran bagi masyarakat Papua, pelajaran bagi pemerintah, pelajaran bagi siapa saja. Tuhan kalau kasih pelajaran gak tanggung-tanggung, semua kena.

Mengambil falsafah orang Jawa yang selalu untung, kita ini masih beruntung diberi pelajaran. Lebanon di hajar selama 15 tahun perang saudara, perang antara agama, sehingga mereka kehilangan istri, suami, orangtua, anak, saudara, teman dan baru mereka sadar bahwa kerukunan itu mahal harganya.

Tuhan itu Maha adil. Disaat begitu massifnya pandangan buruk terhadap Islam dengan adanya ISIS dan kelompok radikal di Indonesia, Tuhan memaksa semua mata memandang ke Papua, biar orang kristen sadar bahwa di dalam agamanya juga ada yang radikal. Ada yang kurang piknik jiwa toleransinya. Sama juga dengan Budha di Rohingya.

Dengan begitu biar sama-sama paham, sebagus apapun agama pasti ada orang-orang ekstrimnya. Nah, kita semua akhirnya belajar untuk tidak meng-generalisasi.

Apakah di muslim Syiah ada yang ekstrim ? Oh ada, itu mereka yang suka melaknat-melaknat simbol-simbol  ahlusunnah di medsos. Mereka sebelas dua belas juga kurang mudik jiwa toleransinya. Ulamanya di London.

Nah, ini baru yang namanya kosong-kosong. Tidak ada yang lebih baik dari yang lain. Lebih baik kita sama-sama fokus mengkritik barisan di dalam jiwa kita sendiri. (SFA/MM/DS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: