Nasional

Katibah Nusantara, Sayap ISIS di Asia Tenggara

Ilustrasi ISIS berwajah Asia

Ilustrasi ISIS berwajah Asia

SINGAPURA – Seorang analis di Singapura menduga kelompok ISIS akan menyerang wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Serangan ISIS itu disebut-sebut akan dilakukan oleh kelompok sayapnya yang bernama Katibah Nusantara.

Jasminder Singh, analis dari S. Rajaratnam School of International Studies Singapore, menyampaikan analisisnya itu dalam sebuah laporan. Singh merilis laporan analisisnya setelah aparat keamanan Singapura menangkap dua remaja atas tuduhan terlibat aksi terorisme.

”Ada kehadiran militan Asia Tenggara di kelompok ISIS. Yang kurang diperhatikan adalah adanya peningkatan strategi ISIS dalam melancarkan ‘jihad’ global,” tulis Singh.

Singh percaya kelompok Katibah Nusantara mempunyai tujuan untuk merekrut dan memfasilitasi orang-orang yang ingin berperang untuk ISIS di wilayah Irak dan Suriah. Menurut laporan tebarunya, Singh menyatakan, kelompok Katibah Nusantara telah memunculkan ancaman terhadap negara-negara di Kepulauan Melayu, termasuk Malaysia, Indonesia, Filipina dan Singapura.

Menurut Singh, militan dari Katibah Nusantara telah berperan dalam menghubungkan jaringan ekstremis lokal. ”Katibah Nusantara juga telah memperluas perekrutan militan dan pendukung melalui video dan telah dicetak dalam bahasa Melayu,” lanjut Singh.

Laporan Singh juga meyebut bahwa kelompok Katibah Nusantara menggunakan anak-anak Melayu dan Indonesia untuk menyebarkan pesan di media sosial. ”Katibah Nusantara kemungkinan mendapatkan mandat penting dalam tujuan strategis ISIS, yakni mendirikan kekhalifahan di seluruh dunia,” tulis Singh, seperti dikutip IB Times, Jumat (29/5/2015).

Dia mencontohkan, dalam beberapa bulan terakhir, puluhan orang yang diduga memiliki hubungan dengan ISIS  telah ditangkap di Indonesia dan Malaysia. Pada bulan lalu, sekitar 70 anggota pasukan bersenjata Malaysia yang diidentifikasi oleh polisi negara itu telah bergabung dengan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Sumber: sindonews

2 Comments

2 Comments

  1. wababi sisapi

    May 30, 2015 at 5:30 pm

    HTI pasti terlibat krn itulah tujuan mereka yaitu khilafah dunia internasional. Intinya kaum wahabi salafi yg jadi biang kerok jihad gadungan ini.

    • admin

      May 30, 2015 at 8:50 pm

      Gerakan Anti Nasionalis HTI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: