Umum

Keajaiban Ramadhan Tahun Ini Serempak Se-Dunia

Salafynews.com – Pertama kali dalam sejarah, umat Islam di seluruh penjuru dunia akan memulai puasa Ramadan 1436 Hijrah secara serentak pada Kamis (18/6/2015).

Dilansir Mynewshub dikutip dari International Business Times lewat, sejumlah pihak otoritas Agama Islam di benua Eropa, Amerika, Afrika, Australia dan Asia sepakat menetapkan tanggal 1 Ramadan jatuh pada 18 Juni 2015.

RamadhanSeorang pakar astronomi global, Rohan Roberts kepada Gulf News di Dubai, UAE mengatakan bahwa wujud hilal dapat dilihat secara jelas di ufuk kaki langit pada sore hari tanggal 17 Juni 2015.

“Kira-kira pembentukan bulan baru dapat disaksikan di ufuk barat sekita pukul 19.54 petang di UAE pada Rabu ini, dan ini bermakna hari pertama Ramadan jatuh pada 18 Juni,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan hari raya Idul Fitri akan jatuh di seluruh dunia pada 17 Juli lantaran wujud hilal bulan Syawal diprediksi hanya dapat dilihat dengan jelas menjelang pukul 19.21 malam waktu UAE pada tanggal 16 Juli 2015.

“Keadaan yang sama juga terjadi di negara-negara baik itu di benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika, sedangkan untuk Amerika Serikat penetapan awal Ramadhan merujuk kepada penetapan awal Ramadhan di Arab Saudi, dan semuanya telah menetapkan bahwa awal Ramadhan jatuh pada 18 Juni 2015,” tambahnya.

Sementara itu di wilayah Asia Tenggara seperti di, Malaysia, Indonesia, Singapura dan Brunei dilaporkan telah menetatpakan bahwa 18 Juni 2015 adalah awal Ramadhan, hal itu juga berlaku di Thailand dan Filipina. (ARN/Tribun)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: