Analisis

Kebijakan Minyak Saudi Sebabkan Irak Merugi 100 Milyar Dolar

harga_minyak_dunia

Selasa, 25 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Ahli perminyakan Hamzah Al Jawahari mengungkap kerugian Irak mencapai  $100 Milyar selama dua tahun terakhir (2014-2015), karena mengikuti kebijakan minyak Arab Saudi. Al Jawahari  menuntut pemerintah untuk mengadopsi kebijakan negara-negara yang juga terkena dampak dengan tujuan menekan Riyadh. (Baca: Dokumen Rahasia AS-Inggris Putus Pasokan Minyak Soviet dari Timur Tengah)

Al Jawahari menjelaskan pada situs Al Maalomah, harga 1 barrel minyak pada tahun 2014 mencapai $156, tiga kali lipat saat ini. Akan tetapi kebijakan Arab Saudi yang membanjiri pasar dunia, menyebabkan kerusakan harga secara dramatis. (Baca: Dukung Draf Rusia, Mesir Tendang Saudi, Riyadh Bekukan Bantuan Minyaknya)

Ia juga menambahkan bahwa estimasi kerugian Irak selama dua tahun terakhir mencapai $100 Miliar, pada tahun 2013 devisa negara mencapai $ 95 Miliar lebih, dan pada tahun 2014-2015 menurun drastis hanya $ 35 Miliar saja.

Al Jawahari menuntut pemerintah untuk segera mengambil tindakan yang lebih efektif dalam melawan Arab Saudi dan negara-negara teluk, untuk memaksanya mengurangi produksi minyak dan membuat kesepakatan dengan negara-negara yang terkena dampak kebijakan ini, terutama Rusia, Iran dan Venezuela. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: