Internasional

Kegagalan Strategi ISIS di Suriah dan Libya

Salafynews.com – Selama beberapa hari terakhir, ISIS mengalami kekalahan telak di Libya dan Suriah. Mereka juga kehilangan kota strategis dan melarikan diri kota Tel Abyad di perbatasan Turki, dan kota Derna di Timur Libya.

Al-Alam News melaporkan Selasa 16/6, Seperti biasanya kelompok teroris ISIS selalu mengingkari kekalahan mereka, dan menyangkal perebutan kota Tel Abyad oleh militan Kurdi. Namun media-media internasional dan rekaman video membenarkan bahwa teroris ISIS telah kehilangan posisi strategis mereka di Tel Abyad.

Tel Abyad adalah perbatasan antara Suriah dan Turki, serta kota terhubung dekat dengan Raqqah pusat pemerintahan ISIS. Dengan jatuhnya Tel Abyad, maka akan menyebabkan beberapa kota lainnya seperti Kobani dan Hasaka menjadi terputus sehingga kontrol mereka atas kota-kota itu akan terancam.

عناصر داعش

عناصر داعش

Sementara itu, Dewan Syuro Mujahidin Libya dengan cepat melakukan operasi pemberishan ISIS dari kota Derna, Libya. Bahkan kedua negara tersebut tidak membutuhkan waktu lama untuk mengeluarkan teroris ISIS dari kota tersebut.

Analis mengatakan kekalahan ISIS di kota Derna dan Tal Abyad memiliki hubungan erat, karena kurang dari seminggu setelah kekalahan di Tel Abyad, ISIS juga terusir dari kota Hasaka dan beberapa pedesaan di utara Aleppo, dan demikian pula kemunduran ISIS di Irak.

Kekalahan teroris ISIS di Tel Abyz dan Derna, mengingatkan kita pada kekalahan mereka di Tikrit, Baiji, Karama, Salahuddin dan sebagian kota-kota di Ramadi. [SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: