Asia

Kehadiran AS Di Asia Timbulkan Perang Dingin di Kawasan

Salafynews.com, WASHINGTON – Seiring kesiapan AS untuk menyelenggarakan latihan perang di Vietnam, seorang kolumnis Veteran Today mengatakan bahwa ada “perang dingin” yang  kini berlangsung akibat pergerakan Washington memasuki wilayah itu.

“Kita dalam kondisi perang dingin saat ini,” ungkap Jim W. Dean melalui wawancara telepon dengan presstv, Minggu (14/6)

Pada hari Kamis sebelumnya, pejabat senior Departemen Luar Negeri AS, Scott Marciel mengatakan dalam sidang kongres bahwa latihan perang tahunan Kobra Emas akan digelar di Thailand pada tahun depan, padahal  pemerintahan hasil kudeta negara itu masih compang-camping dan belum bisa diharapkan untuk memulihkan demokrasi.

Pasukan CobraMarciel mengatakan bahwa langkah itu memang penting bagi Amerika, lagipula keputusan untuk mempersiapkan latihan perang di tahun 2016 itu dibuat dalam masa pemerintahan Barrack Obama yang memfokuskan diri pada strategi  “poros Asia Timur” nya dimana hal itu  diumumkan pada tahun 2012 lalu.

“Sebagaimana ungkapan Paus dulu sewaktu ia berada di Bosnia, kini kita memiliki perang model baru yang terjadi dibawah permukaaan namun bergolak kemana-mana,” ungkap Dean.“Tak ada alasan bagi Amerika untuk melaksanan langkah militer semacam itu, apalagi pasukan Thailand cukup mampu untuk membela diri sendiri,” tambahnya, ”Ini memang tujuan Amerika yang ingin mengeratkan tentakelnya keseluruh negara-negara Asia.”

AS bertujuan untuk tetap berhubungan dengan pasukan militer negara-negara Asia guna  melakukan perubahan dalam pemerintahan dan intellijen, melalui jendral-jendral tertinggi mereka. Melalui “Poros Asia” presiden Obama, AS dan sekutunya kini juga mengancam China.

Washington terus berupaya meluaskan pijakan kakinya di Asia dengan menerapkan doktrin poitik luar negeri baru yang dikenal dengan Poros Asia, dimana hal itu digambarkan sebagai peralihan fokus kebijakan luar negeri AS dari Timur-Tengah/Eropa menuju Asia Timur/Selatan. [SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: