Analisis

Kehadiran Kapal Induk Rusia di Suriah Gertak Israel, NATO dan Barat

Sabtu, 07 Januari 2017 – 10.45 wib

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Rusia mulai menarik pasukan militernya di Suriah, untuk memperkuat gencatan senjata di seluruh Suriah yang ditengahi oleh Moskow dan Ankara, yang mulai berlaku pada 30 Desember lalu. (Baca: 4 Kapal Induk dan Rudal Terbaru Rusia Siap Gempur ISIS di Pinggiran Aleppo)

Moskow mengatakan, kapal induk Admiral Kuznetsov dan kapal yang lainnya telah meninggalkan laut Mediterania. Rusia, bagaimanapun, akan mempertahankan kehadiran militernya di pangkalan udara wilayah provinsi Lattakia, Suriah, dan fasilitas angkatan laut di kota pelabuhan Tartus.

Seorang analis politik percaya bahwa kapal induk Rusia yang ditempatkan di laut Mediterania sebagai “pencegah” untuk menjaga eskalasi lebih lanjut dari upaya untuk menghentikan operasi melawan kelompok teroris di Suriah.

“Yah, saya berpikir bahwa alasan mengapa kapal induk ini perlu dikerahkan, meskipun tidak begitu benar-benar mendukung operasi yang dilakukan di Aleppo dan sekarang akan berada di Palmyra serta mendukung operasi di Damaskus. Saya pikir itu hanya sebagai pencegah, dan sebagai back-up serta peringatan bagi Israel, NATO dan kekuatan-kekuatan yang juga ada di laut Mediterania untuk tidak terlibat dalam pembebasan Aleppo,” kata Steven Kelley kepada Press TV dalam sebuah wawancara pada hari Jumat. (Baca: WOW! Kapal Induk Rusia “Peter The Great” Tiba di Pantai Suriah)

Analis juga menyatakan bahwa penarikan kapal induk Rusia dari perairan Suriah tentu merupakan langkah besar dan “PR”, serta menambahkan bahwa hal itu menunjukkan bahwa Moskow mampu memenuhi perjanjian dan bekerja untuk memulihkan situasi keamanan.

Kelly lebih jauh berpendapat bahwa perpindahan aset militer Rusia ke Atlantik juga merupakan “langkah yang bijaksana” dalam persiapan sebelum Presiden AS terpilih Donald Trump mengambil kantor di Gedung Putih, mengingat “ancaman” yang keluar dari Washington berkaitan dengan tuduhan peretasan Rusia dan membangun pasukan di sepanjang Baltik. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: