Eropa

Kemenangan Partai Pro-Kurdi Menjadi “Pukulan” Berat Bagi Erdogan

Salafynews.com – Partai berkuasa di Turki, Justice and Development Party (AKP) atau Partai Pembangunan dan Keadilan pendukung Presiden Tayyip Erdogan mengalami kekalahan dalam Pemilu Parlemen hari Minggu kemarin. Kekalahan AKP dari Partai Demokrat (HDP) yang merupakan partai pro-Kurdi menjadi “pukulan” berat bagi Erdogan.

Sebab, selain hal itu terjadi untuk pertama kalinya, kekalahan AKP telah mematahkan ambisi Erdogan dan AKP untuk terus berkuasa di Turki.

Menurut CNN, dari 98 persen suara yang sudah dihitung, AKP meraih 40,8 persen suara. Perolehan Suara itu merosot jauh dari perolehan suara saat Pemilu Parlemen tahun 2011, di mana AKP meraih 49,8 persen suara.

Pemimpin AKP, yang juga Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, telah sesumbar bahwa AKP tetap jadi pemenang Pemilu Parlemen Turki. ”Setiap orang harus melihat bahwa AKP adalah pemenang dan pemimpin dari Pemilu ini,” kata Davutoglu, saat pidatodi kantor pusatnya, di Ankara.

”Tidak ada yang harus mencoba untuk membangun sebuah kemenangan dari Pemilu mereka yang telah hilang,” ujarnya di hadapan ribuan pendukung AKP, sebagaimana dilansir Reuters, Senin (8/6/2015).

Tapi, di luar dugaan para simpatisan partai HDP telah membanjiri jalan untuk merayakan kemenangan Pemilu. Data terakhir, menyebut partai HDP unggul 13 persen di atas partai AKP.

Koordinator Pemimpin HDP, Selahattin Demirtas, telah mengesampingkan untuk berkoalisi dengan AKP. Dia menegaskan, bahwa hasil Pemilu Parlemen kali ini adalah suara untuk mengakhiri kediktatoran Erdogan.

”Pembahasan dari presiden eksekutif dan kediktatoran telah berakhir di Turki,” katanya, dalam konferensi pers di Istanbul.”Hasil (Pemilu) ini sebagai kemenangan bagi mereka yang ingin konstitusi baru yang pluralis dan berwajah sipil,” katanya lagi.

Kekalahan AKP juga menandai berakhirnya kekuasaan tunggal partai pendukung Erdogan itu selama lebih dari satu dekade. [SFA] 

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Pesan Rahasia Raja Salman untuk Oposisi Turki | Salafy News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: