Eropa

Kemenhan Rusia Adakan Forum Internasional Bahas Afghanistan

MOSKOW, Salafynews.com – Kementerian Pertahanan Rusia mengadakan sebuah forum internasional mengenai Afghanistan pada 08-09 Oktober, dalam upaya untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas di negara yang terancam oleh ISIS dan Taliban itu.

“Forum ini akan dihadiri oleh perwakilan dari negara-negara anggota Shanghai Cooperation Organisation [SCO], pengamat dan mitra dialog,” ungkap kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa perwakilan dari CIS (Commonwealth of Independent States) dan negara-negara CSTO (Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif) juga akan hadir.

Kementerian juag menyatakan bahwa para peserta forum, yang diadakan di Moskow itu, akan membahas berbagai cara untuk membantu Afghanistan mencegah penyebaran ekstremisme di kawasan itu.

Afghanistan terus berada dalam keadaan kekacauan politik dan sosial sejak invasi pimpinan AS di tahun 2001. Kelompok radikal Taliban dan ISIS memanfaatkan ketidakstabilan di negara itu.

Misi Komando Gabungan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO di Afghanistan secara resmi berakhir pada tahun 2014.

AS mengatakan bahwa rencana pihaknya saat ini adalah untuk mengakhiri kehadiran militer di Afghanistan pada Desember 2016 dengan menutup pangkalan militer yang tersisa di negara yang saat ini menjadi tuan rumah sekitar 10.000 prajurit AS tersebut.

Namun pada bulan September media AS melaporkan bahwa Jenderal Angkatan Darat AS, John Campbell, yang merupakan komandan militer AS di Afghanistan, telah mengirimkan lima rekomendasi yang berbeda untuk pejabat Pentagon dan NATO, mengusulkan untuk tetap membiarkan kehadiran AS di Afghanistan hingga melewati tahun 2016.

Pada hari Sabtu, sekitar 22 orang, termasuk 12 staf dari badan bantuan MSF (Medecins Sans Frontiers atau Dokter Tanpa Batas) tewas dalam serangan udara AS yang menghantam sebuah rumah sakit di kota Kunduz Afghanistan. MSF menyebut serangan tersebut adalah sebuah kejahatan perang, dan mengatakan akan melakukan penyelidikan independen atas insiden itu. (Sfa/lm/sputnik)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: