Internasional

Kemenlu Irak: Irak Akan Bersikap Keras Jika Turki Jelas Ambil Minyak

5 Desember 2015

SALAFYNEWS.COM, IRAK – Juru bicara resmi Kementerian Luar Negeri Irak Ahmed Jamal mengatakan, “Kami akan mengambil sikap kepada Turki jika terbukti melakukan pencurian minyak melalui di wilayahnya.”

Jamal mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita alforatnews, Jumat (4/11), bahwa “Irak telah meminta kepada semua negara untuk tidak menyediakan sarana finansial dengan transaksi minyak selundupan ISIS’.

Ia menmbahkan “kami yakin bahwa negara-negara besar yang berpartisipasi kepada Irak serius dalam memerangi terorisme”. Ia melanjutkan “kami telah pelajari informasi yang diberikan oleh pihak Rusia terkait penyelundupan minyak melalui wilayah Turki, dan jika informasi itu benar, maka kami akan bersikap kepada Turki”.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Antonov, menuduh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan keluarganya terlibat langsung dalam pembelian minyak dari ISIS yang diselundupkan ke Turki. Tuduhan Rusia terhadap Turki secara terang-terangan pasca militer Turki menembak jatuh pesawat perang Rusia, (24/11), di perbatasan Suriah.

Kementerian Pertahanan Irak mengungkapkan niatannya untuk membuat komplain resmi kepada Dewan Keamanan PBB setelah terkumpul bukti yang cukup jelas adanya penyelundupan minyak Irak oleh ISIS ke Turki. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: