Nasional

Kenapa Pak JK tidak Hormat Bendera, Ini Jawabannya

Salafynews.com, JAKARTA – Ramai di dunia maya tentang Wakil Presiden RI Jusuf Kalla tak hormat bendera, para netizen serempak memberikan komentarnya, akan tetapi perlu kita simak salah satu netizen tokoh ternama bapak Jimly Asshiddiqie di akun twitternya beliau menjawab kenapa pak JK tidak hormat bendera menurut beliau “Hrmat bndera karna Irup (Instruktur Upacara). Sbg Wapres tntu tdk prlu, kcuali TNI/Polri. Tp kalo mau diatur bs sj smua yg pake topi & peci” ini kicauan pak Jimly yang diunggah di akun twitternya.

Twit Jimly Asshiddiqie Tentang hormat Bendera

Dan pihak Istana wakil presiden dengan cepat dan tanggap juga angkat bicara mengenai sikap orang nomor dua di lndonesia itu yang tidak mengangkat tangannya tanda penghormatan kepada bendera Merah Putih pada saat Upacara Kemerdekaan RI ke-70 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 17 Agustus 2015.

Juru Bicara Wapres Jusuf Kalla, Husain Abdullah, menegaskan yang dilakukan oleh JK termasuk sikap hormat, meski tidak mengangkat tangannya. Dia menyebut hal yang sama juga dilakukan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta pada saat pengibaran bendera usai pembacaan Proklamasi, 17 Agustus 1945.

“Jadi sikap sempurna yang dilakukan oleh Pak JK adalah sikap hormat. Persis dengan sikap hormat Bung Hatta saat mendampingi Bung Karno,” kata Husain dalam keterangan tertulisnya.

Husain lantas menjelaskan sikap hormat JK yang dimaksud adalah berdasarkan PP 40 Tahun 1958. Pada Pasal 20 disebutkan bahwa pada waktu upacara penaikan atau penurunan Bendera Kebangsaan, maka semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera sampai upacara selesai.

Pasal itu menyebut bahwa mereka yang berpakaian seragam dari sesuatu organisasi memberi hormat menurut cara yang telah ditentukan oleh organisasinya itu. Namun bagi mereka yang tidak berpakaian seragam, memberi hormat dengan meluruskan lengan kebawah dan melekatkan tapak tangan dengan jari-jari rapat pada paha, sedang semua jenis penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala, sorban.

Husain lantas menambahkan, JK juga pernah mengangkat tangannya tanda penghormatan kepada bendera Merah Putih ketika dia menjadi lnspektur Upacara ketika peringatan Hari Pahlawan.

“Ada juga upacara beliau hormat tangan ketika jadi Irup Hari Pahlawan tanggal 10 Nopember 2014,” ujar dia. (SFA/Viva/MM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: