Internasional

Kepergok Ingin Gabung ISIS, Bos Coca Cola Ditangkap

Salafynews.com – Seorang manajer IT perusahaan minuman Coca-Cola di Bangladesh, ditangkap bersama satu orang lainnya, karena dicurigai akan bergabung dengan kelompok militan ISIS di Suriah.

Aminul Islam menjabat sebagai kepala IT di perusahaan “International Beverages Private Ltd” sebuah anak perusahaan Coca-Cola. Dia, seperti dikutip Reuters, Selasa (26/5/2015) ditahan polisi setelah digerebek di sebuah lokasi di Dhaka pada akhir pekan lalu.

ISIS

“Dia ditangkap karena dicurigai merencanakan sesuatu untuk bergabung dengan kelompok teror ISIS,” ujar aparat tak disebut namanya itu seperti dilansir dari news.com.au, Selasa (26/5).

Juru bicara Coca-Cola dalam pernyataan resmi, membenarkan penangkapan salah satu pekerjanya.

“Kami dapat mengkonfirmasikan Aminul Islam Baig adalah pegawai di IBPL. Kami bekerjasama penuh dengan penegak hukum.”

Orang kedua yang ditangkap bersama Aminul bernama Sakib bin Kama. Dia merupakan seorang guru bahasa Inggris yang bekerja di Ibu Kota Dhaka.

Keduanya ditahan atas tuduhan berencana bergabung dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah. Media setempat melaporkan, Aminul dan rekannya juga tercatat sebagai anggota kelompok fundamentalis radikal yang dilarang di Bangladesh, yakni kelompok Jamaat-ul-Mujahideen atau JMB.

Para tersangka mengaku telah membujuk sedikitnya 25 pelajar untuk bergabung dengan ISIS. Setidaknya 12 orang telah ditangkap di Bangladesh dalam beberapa bulan terakhir.

Beberapa laporan memperlihatkan meningkatnya pengaruh kelompok militan ISIS di Asia Selatan, membuat Bangladesh dengan 90 persen penduduk Muslim saat ini dalam kondisi waspada. (jb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: