Eropa

KETAKUTAN! Sekjen NATO: Kami Tidak Ingin Konfrontasi dengan Rusia

Jum’at, 03 Juni 2016,

SALAFYNEWS.COM, BERLIN – Sekjen Aliansi Atlantik Utara, Jens Stoltenberg, mengatakan pada hari Kamis, bahwa negara-negara anggota NATO tidak mencari konfrontasi dengan Rusia.

“Kami tidak ingin konfrontasi dengan Rusia. Sebaliknya, kami berusaha untuk hubungan yang lebih konstruktif dengan Rusia,” katanya dalam konferensi pers bersama dengan Kanselir Jerman Angela Merkel. (Baca: Pengakuan Heboh Clinton: Amerika Ciptakan Al-Qaeda, Nato-Israel Ciptakan ISIS)

“Dan kami tetap menyarankan untuk dialog politik terbuka,” katanya. “Dialog ini bahkan lebih penting ketika ketegangan meninggi”.

Sebelumnya, Duta Tetap Rusia untuk NATO, Alexander Grushko, mengatakan bahwa NATO sedang mencoba untuk memindahkan skema konfrontatif ke Laut Hitam. Ia memastikan bahwa Rusia siap mengambil tindakan untuk merespons NATO guna menetralisir pontensi ancaman.

”Hari ini, NATO sedang mencoba untuk memindahkan skema konfrontatif ke Laut Hitam. Baru-baru ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa transformasi Laut Hitam ke dalam ‘danau Rusia’ tidak dapat diterima,” kata Grushko dalam sebuah wawancara dengan Rossiiskaya Gazeta, Selasa lalu. (Baca: Kolumnis AS Sebut NATO Tak Mampu Kalahkan Rusia)

”Tapi semua orang di NATO tahu bahwa Laut Hitam tidak akan pernah menjadi ‘danau NATO,’ dan kami akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menetralisir ancaman yang mungkin dan mencoba untuk menekan Rusia dari selatan,” ujar diplomat tertinggi Rusia itu.

Sejak tahun 2014, NATO telah membangun kehadiran militernya di Eropa, khususnya di negara-negara Eropa timur yang berbatasan dengan Rusia. Langkah NATO itu menggunakan dalih bahwa Rusia melakukan intervensi dalam krisis Ukraina dan menjadi ancaman bagi sekutu-sekutu NATO di Eropa timur terutama negara-negara Baltik. (Baca: Swiss Serta NATO Bersitegang dengan Rusia)

Moskow telah berulang kali membantah klaim tersebut dan memperingatkan NATO bahwa penumpukan militer di perbatasan Rusia adalah langkah provokatif dan dapat membahayakan stabilitas regional dan global. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: