Internasional

KONTROVERSIAL! Acara Glamour Wisuda TK di Saudi

Minggu, 22 Mei 2016

SALAFYNEWS.COM, RIYADH  –   Sebuah upacara wisuda kelulusan TK memicu kontroversi di Arab Saudi. Para warbler menganggap acara tersebut sebagai pemborosan dan berlebihan. Pasalnya, acara kelulusan pra sekolah itu berubah menjadi sebuah acara pesta besar-besaran yang memberatkan keuangan keluarga para siswa.

Upacara wisuda TK di Saudi itu dianggap telah berubah menjadi ajang kompetisi antar sekolah, karena acara semacam ini hanya bertujuan menentukan level sebuah sekolah lebih unggul dibanding dengan sekolah-sekolah lainnya.

Fenomena ini terlihat lebih menonjol pada TK khusus anak perempuan, dimana beberapa sekolah menuntut kepada para orang tua membayar sejumlah uang yang cukup besar untuk menghadiri upacara wisuda dan memaksa para siswa mengenakan pakaian yang khusus untuk acara tersebut. Tentunya hal itu menjadi beban keuangan tersendiri  bagi para keluarga siswa.(Baca: Hukum Penggal Kepala di Saudi Buat Rakyat Bukan untuk Keluarga Kerajaan)

Sejumlah orang tua menampakkan ketidaksenangan mereka terhadap acara itu, mereka menyampaikan bahwa acara tersebut sangat membebani mereka. Aktivis medsos ramai mengkritisi ini melalui Twitter dan menyebutnya sebagai fenomena asing bagi masyarakat Saudi. Mereka menganggap bahwa perayaan kelulusan anak TK semacam itu adalah fenomena pemborosan, disaat banyak anak warga negara arab dirundung derita berkepanjangan seperti yang terjadi di Yaman, Suriah, dan Palestina.

Para aktivis juga menyebut bahwa acara ini secara tidak langsung menanamkan nilai-nilai materialistik dalam diri anak-anak, jua mengajarkan kepada mereka bahwa keberhasilan dan keunggulan adalah untuk meraih hadiah dan bukan mendapatkan pekerjaan atau demi masa depan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: