Eropa

Korban Tewas Serangan Truk Saat Bastile Day Bertambah Jadi 73 Orang

Jum’at, 15 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, PERANCIS – Sebuah truk menabrak kerumunan orang yang sedang merayakan Hari Bastille di kota Riviera, distrik Nice, pada Kamis malam, sedikitnya 73 orang tewas dalam serangan itu, kata para pejabat Perancis.

Truk trailer menghantam kerumunan orang-orang di Promenade des Anglais, yang sedang berjalan-jalan di tepi laut di pusat kota selatan Perancis, menurut laporan sebuah koran regional. Dan lebih dari 100 orang dilaporkan terluka atsa insiden itu.

Pemerintah setempat mengumumkan insiden ini sebagai serangan dan mendesak orang-orang untuk tinggal di dalam rumah, saluran televisi Prancis BFM TV melaporkan. Serangan terjadi saat kerumunan besar sedang menonton kembang api merayakan Bastille Day.

Christian Estrosi, walikota Nice, mengatakan korban tewas telah meningkat menjadi 73. Dia juga mengatakan dalam salah satu serangkaian pesan di Twitter bahwa truk itu membawa senjata dan bahan peledak.

CNN mengutip seorang saksi Amerika mengatakan ia melihat satu orang berada dalam truk putih dan mendengar suara tembakan, meskipun tidak jelas apakah itu berasal dari driver atau polisi yang sedang menembaki kendaraan.

Associated Press mengutip Wassim Bouhlel, asli Nice, mengatakan bahwa setelah menabrak kerumunan, sopir truk muncul dengan pistol dan mulai menembak secara acak.

“Ada pembantaian di jalan,” kata Bouhlel. “korban tergeletak di mana-mana”, tambahnya.

Saksi mata mengatakan mayat korban berserakan di jalan sepanjang lebih dari satu mil. Polisi mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan desas-desus atau menyiarkan video mengejutkan dari tempat kejadian.

Kementerian Dalam Negeri membantah laporan adanya penyanderaan di sebuah hotel dan restoran di Nice.

Selain itu, Menlu Perancis mengatakan sekitar 100 orang terluka dan sopir truk ditembak oleh polisi. Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas insiden berdarah, meskipun jaringan jihadis merayakan itu di media sosial.

Meskipun adanya peringatan dari kepolisian Perancis, grafis video dan foto-foto terlihat membanjiri media sosial. Dalam beberapa foto, sejumlah tubuh terlihat berbaring di boulevard di mana truk menabrak kerumunan. Sementara yang lainnya memperlihatkan hamburan orang yang menyelamatkan diri di tengah raungan sirene.

Seorang wartawan Agence France-Presse menyebutnya sebagai “kekacauan mutlak.” “Kami melihat orang-orang berteriak dan terlindas truk,” katanya. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: