Asia

Korban Tewas Terus Bertambah Akibat Gempa Di Afghanistan

KABUL, Salafynews.com – Gempa bumi besar yang melanda wilayah timur laut Afghanistan pada Senin(26/10) kemarin telah menewaskan lebih dari 200 orang di Afghanistan. Menurut para pejabat, gempa tersebut juga melukai ratusan dan mengirim gelombang kejut sampai ke New Delhi.

Angka kematian biusa terus meningkat mengingat komunikasi terputus di pegunungan Hindu Kush dimana pusat gempa berada.

Dalam salah satu insiden terburuknya, setidaknya 12 gadis muda tewas dalam desak-desakan saat melarikan diri dari bangunan sekolah mereka di Taloqan, sebelah barat provinsi Badakhshan di saat   gempa tremor itu berlangsung.

“Mereka terjatuh dan saling menginjak,” ungkap Abdul Razaq Zinda, kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional Afghanistan tingkat provinsi, yang melaporkan kerusakan berat di Takhar.

Gelombang kejut akibat gempa, juga dirasakan hingga ke New Delhi di India utara dan di seluruh Pakistan utara, di mana ratusan orang berlari keluar dari gedung akibat tanah terasa bergetar di bawah mereka. Tidak ada kematian dilaporkan di India.

“Kami sangat takut … Kami melihat orang-orang meninggalkan gedung, dan kami terus mengingat Allah,” ungkap Zubair Khan, wartawan Pakistan melalui telepon dari Lembah Swat barat laut ibukota Islamabad.

Iran dan juga AS adalah negara-negara yang segera menawarkan bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan yang selama ini memang sudah sangat bergantung pada bantuan asing setelah puluhan tahun dilanda perang yang telah menghancurkan ekonomi dan infrastruktur negara itu.

Pemerintah Pakistan melansir terdapat 154 orang tewas di provinsi Khyber Pakhtunkhwa akibat gempa berkekuatan 7,5 yang melanda sebelah Timur Laut Afghanistan itu. Sementara lebih dari 1.000 terluka. (Sfa/reuters)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: