Internasional

Korban Tragedi Mina Meningkat Menjadi 1.829 Orang

JAKARTA, Salafynews.com – Korban meninggal dalam tragedi terinjak-injak 24 September lalu di Mina di saat ibadah haji di Mina, telah mencapai 1.829 orang, menurut angka yang dikeluarkan negara-negara yang menjadi korban.

Arab Saudi belum mengupdate korban meninggal dari angka 769 orang yang diumumkan pada 27 September lalu. Sementara, ratusan peziarah Muslim masih hilang setelah peristiwa tragis itu.

Dari 31 negara yang warga negaranya meninggalkan dalam himpitan mematikan, Iran memiliki angka kematian tertinggi dengan 464. Mesir datang berikutnya dengan 181.

Nigeria telah mengumumkan 145 jamaah meninggal, diikuti oleh Indonesia dengan 129, India dengan 101, Pakistan dengan 99 kematian, Bangladesh dengan 92 dan Mali dengan 79.

9k=

Tragedi berdesakkan terjadi setelah dua massa besar peziarah berkumpul di persimpangan jalan di Mina selama lempar jumroh di Jamarat.

Arab Saudi telah mendapat kecaman keras atas perannya dalam penanganan insiden tersebut.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan pada hari Selasa bahwa insiden tragis tersebut menunjukkan kurangnya pengawasan oleh penguasa Saudi yang menyebabkan meninggalnya ribuan pria dan wanita dari seluruh dunia Muslim, termasuk dari Iran.

Dia menekankan bahwa klarifikasi tragedi terinjak-injak di Mina akan mencegah terulangnya insiden seperti itu di masa depan. Pada tanggal 11 Oktober, kepala misi Haji Iran mengecam Saudi karena salah pengelolaan, yang mengakibatkan kerugian besar bagi para peziarah. [SFA/Ptv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: