Internasional

Kuburan Massal Muslim Rohingya Ditemukan di Thailand

Salafynews.com – Kuburan massal yang diyakini menyimpan korban imigran Rohingya telah ditemukan di Thailand selatan.

Polisi nasional Thailand menemukan 30 kuburan lebih di sebuah kamp terpencil di selatan Provinsi Songkla pada Kamis pagi, menurut laporan setempat.

Sebelumnya ditemukan kuburan masal di Padang Besar wilayah Songkla, Thailand, yang berbatasan dengan Negara Malaysia, seperti laporan Bangkok Post.

Sejak 1 Mei, sekitar 40 kuburan masal tersebut telah ditemukan di Padang Besar, setidaknya ada 32 mayat didalamnya.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha telah memberikan batas waktu 10 hari kepada otoritas setempat untuk menyelidiki kematian para imigran Rohingya dan membawa masalah ini ke pengadilan.

Menurut laporan yang baru-baru ini dirilis dari Pusat Pencegahan Genosida, Muslim Rohingya adalah target kebencian akibat pidato radikal yang merajalela dan pembatasan kebebasan di Myanmar.

Rohingya dan Muslim lainnya menghadapi penyiksaan, pengabaian, dan penindasan di Myanmar selama bertahun-tahun. Sejumlah besar warga Rohingya diyakini telah tewas dan puluhan ribu mengungsi dalam serangan oleh ekstrimis yang menyebut diri mereka umat Buddha.

Pemerintah Myanmar menolak mengakui Rohingya sebagai warga negara Muslim dan memberi label mereka sebagai imigran ilegal.

Muslim Rohingya telah ditolak sebagai warga negara Myanmar sejak undang-undang kewarganegaraan baru diberlakukan pada tahun 1982.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) telah berulang kali menyerukan negara-negara tetangga Myanmar untuk menerima Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan komunal yang disponsori negara.

PBB mengakui Muslim Rohingya Myanmar sebagai salah satu komunitas yang paling teraniaya di dunia. (jb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: