Eropa

Kunjungan Mendadak Dirjen Menlu Israel ke Rusia untuk Gagalkan Pengiriman Rudal S-300 ke Iran

19 Februari 2016,

SALAFYNEWS.COM, TEL AVIV – Kesepakatan pengiriman sistem pertahanan rudal S-300 antara Moskow dan Teheran telah mendorong Tel Aviv berupaya untuk menggagalkannya. Dalam konteks ini media Israel mengangkat tema kunjungan Direktur Jenderal Menteri Luar Negeri Dore Gold ke Rusia hanya dalam beberapa jam setelah menteri pertahanan Iran pulang dari Rusia.

Bersamaan dengan saat Menteri Pertahanan Iran meninggalkan Rusia, Dore Gold mendarat disana. Direktur Jenderal Departemen Luar Negeri Israel itu datang disertai dengan penasihat politik kementerian Alon Ushpiz menemui Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan membahas agenda kerja termasuk diantaranya “koordinasi tindakan operasional di Suriah”, AlMayadeen (18/02) memberitakan.

Namun yang jelas, seperti dikutip oleh beberapa media Israel bahwa kunjungan tersebut merupakan upaya Israel di menit-menit akhir untuk mengagalkan pengiriman sistem pertahanan rudal Rusia S-300 ke Iran. Hal itu dilaporkan oleh saluran televisi Israel Channel-2, mengutip keterangan korespondennya yang mengatakan bahwa “dua pejabat Israel itu menyampaikan kekhawatiran mereka atas pengiriman sistem rudal tersebut ke Iran, selain itu keduanya juga menyampaikan permintaan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk menghentikan pengiriman senjata canggih dari Suriah ke Hizbullah di Lebanon”.

Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehghan mengunjungi Moskow selama dua hari dan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, pada kesempatan itu ia menekankan pentingnya membangun kerjasama militer Rusia-Iran dalam jangka waktu yang panjang dan di banyak sisi karena adanya kesamaan tantangan dan ancaman yang dihadapi oleh kedua negara. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kunjungan Mendadak Menteri Pertahanan Rusia ke Iran Sampaikan Pesan Khusus Putin | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: