Timur Tengah

Kunjungan Mendadak Menteri Pertahanan Rusia ke Iran Sampaikan Pesan Khusus Putin

22 Februari 2016,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu tiba di Teheran, Minggu (21/02) dalam kunjungan mendadak ini dia akan bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani sebagaimana diberitakan media Iran.

Selama pertemuan itu, Shoigu menyampaikan sebuah “pesan khusus” dari Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Rouhani dan memaparkan situasi mengenai stabilitas kawasan serta proses negosiasi tentang gencatan senjata di Suriah, seperti dilansir kantor berita resmi IRNA, mengutip keterangan dari kantor kepresidenan Iran. (Baca: Kunjungan Mendadak Dirjen Menlu Israel ke Rusia untuk Gagalkan Pengiriman Rudal S-300 ke Iran)

Presiden Rouhani mengatakan bahwa penyelesaian krisis di Suriah hanya dapat dilakukan melalui negosiasi politik yang terkandung didalamnya menghormati hak-hak rakyat Suriah, dan pada akhirnya nanti mereka sendiri yang harus memutuskan nasib masa depan Suriah, Raialyoum (21/02) memberitakan.

Shoigu juga mengadakan pembicaraan khusus dengan Menteri Pertahanan Iran Jenderal Hossein Dehghan. Kunjungan Shoigu dilakukan hanya lima hari setelah Dehghan berkunjung ke Moskow.

Iran dan Rusia ingin memperkuat kerjasama militer bersama, sebagaimana ditegaskan oleh Shoigu Selasa kemarin setelah ia bertemu Menteri Pertahanan Iran di Moskow. Saat itu Dehghan juga bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dan Wakil Perdana Menteri Dmitry Rogozin. (Baca: PM Rusia: Pasukan AS dan Saudi Pemicu Perang Dunia Baru di Suriah)

Telah disepakati bersama bahwa Rusia telah menyerahkan kepada Iran sistem pertahanan anti-rudal S-300, sebagaimana pula Teheran berkeinginan untuk membeli pesawat tempur Su-30 dari Rusia, menurut media Iran dan media Rusia.

Iran dan Rusia memberikan dukungan finansial dan militer kepada rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, meski negara-negara Barat dan Turki serta beberapa negara Arab terutama Saudi merasa keberatan akan hal itu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: