Eropa

Kunjungan Wakil Hashd al-Shaabi ke Rusia Bahas Kerjasama Tumpas ISIS di Irak

Kamis, 05 Januari – 00.25,

SALAFYNEWS.COM, IRAK – Wakil ketua Hashd al-Shaabi, Abu Mahdi al-Mohandes pada hari selasa (03/01) mengungkapkan bahwa adanya upaya Rusia untuk mempersenjatai Hashd al-Shaabi dan menyerukan untuk mengaktifkan peran koalisi kwartet antara Iran, Irak, Rusia dan Suriah.

Al-Mohandes mengatakan dalam sebuah wawancara televisi yang dikuti oleh Almaalomah (03/01) bahwa ”tujuan dari kunjungan pimpinan Hashd al-Shaabi ke Moskow yakni untuk mengajukan kesepakatan terkait persenjataan Hashd al-Shaabi, dengan pertimbangan bahwa kami tidak memiliki persenjataan dan jika pihak Rusia sepakat pada perjanjian untuk mepersenjatai kami maka itu adalah hal yang baik bagi kami”. Ia menjelaskan bahwa ”Hashd al-Shaabi bisa menggunakan senjata yang diperoleh dari Iran yang dikirim ke Mosul”.

Selain itu, al-Mohandes mengatakan bahwa peran Rusia di Suriah “sangatlah penting dan berpengaruh positif”, ia menekankan akan pentingnya kerjasama koalisi empat negara yang ada di Irak meliputi Iran, Irak, Rusia dan Suriah. (Baca: Mengapa AS, ISIS dan Zionis Sangat Memusuhi Tentara Hashd al-Shaabi?)

Dan terkait kemungkinan diterimanya intervensi militer Rusia melawan ISIS di Irak, al-Mohandes menegaskan bahwa “hal ini tidak masalah jika pemerintah Irak menyetujuinya”.

Ia menambahkan bahwa, “tanah Irak siap untuk sambut rusia dan disana ada kerjasama seperti yang dilakukan Rusia di Suriah”. Kerjasama yang disebut oleh al-Mohandes sebagai “lebih utama dari kebijakan”. Peran Rusia di Suriah sangatlah penting dan berpengaruh positif. Ia menegaskan pentignya kerjasama antara koalisi kwartet di Irak yang meliputi Irak, Iran, Rusia dan Suriah. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Rusia Siap Pasok Senjata Dukung Militer Irak Hadapi Teroris | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: