Internasional

Kuwait Tangkap Pemilik Kendaraan Pelaku Bom

Salafynews.com, KUWAIT – Kementrian dalam negeri Kuwait pada hari Sabtu (27/6) kemarin,  telah menahan pemilik kendaraan yang diduga digunakan pelaku pemboman bunuh diri di sebuah masjid muslim Syi’ah yang telah menewaskan 27 orang dan menyebabkan 200 orang lainnya mengalami luka-luka di saat sedang melaksanakan ibadah sholat Jum’at.

kuwaitMilisi ISIS (Wahabi) mengklaim bertanggung jawab atas serangan militan Wahabi terburuk yang pernah dialami negara tersebut pada hari Jum’at kemarin. Serangan di masjid Muslim Syi’ah adalah salah satu serangan diantara tiga serangan yang terjadi di bulan Ramadhan oleh kelompok ekstremis Islam.

Kementrian dalam negeri Kuwait mengatakan bahwa sekarang pihaknya tengah mengejar supir dari kendaraan tersebut yang tiba-tiba menghilang setelah terjadinya serangan bom di masjid Kuwait. Kuwait menganggap negaranya kini ikut terkena dampak kekerasan oleh ISIS dan gerakan ekstrimis Wahabi yang merajalela di negara tetangganya Irak dan juga melakukan pemboman bunuh diri di masjid Muslim Syi’ah di negara tetangganya yang lain, Saudi Arabia.

Reuters melansir dari sumber keamanan setempat bahwa “banyak penangkapan” telah dilakukan terkait peristiwa pemboman di hari Jum’at, pejabat pemerintah mengatakan bahwa tujuan pemboman ini untuk menimbulkan permusuhan sectarian antara mayoritas Sunni dan minoritas Syi’ah. Penduduk muslim bermazhab syi’ah berjumlah sekitar 15 hingga 30 persen dari jumlah seluruh penduduk Kuwait. Sebuah negara dengan mayoritas sunni dimana anggota dari kedua komunitas selama ini hidup berdampingan dengan damai.

“Kami akan potong tangan jahat yang mengganggu keamanan tanah air kami,” ungkap Menteri Dalam Negeri Kuwait, Sheikh Mohammed al Khaled al Sabah, sebagaimana dikutip KUNA (Kantor Berita Kuwait)

Kini Kuwait juga meningkatkan penjagaan keamanan tingkat tinggi di perusahaan minyak milik pemerintahKuwait Petroleum Corp (KPC) dan afiliasinya, sebagaimana dilaporkan KUNA. (SFA/LM/RT/KUNA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: