Nasional

Kyai Madura Kompak Tolak Wahabi dan ISIS

Bangkalan, Salafynews.com – Berkatian dengan merebaknya virus radikalisme global di Indonesia, ratusan kiai yang tergabung dalam Forum Ulama Bangkalan mendeklarasikan penolakan terhadap gerakan radikal Wahabi serta Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di aula Pondok Pesantren Nurul Kholil, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Kamis, 2 April 2015.

“Deklarasi ini sebagai upaya dini mencegah gerakan radikal agar tidak muncul di Bangkalan,” kata juru bicara Forum Ulama Bangkalan, KH Hasani Zubair.

Menurut ketua Gerakan Pemuda Anshor Bangkalan ini, sudah waktunya para kyai untuk melakukan gerakan nyata mencegah tersebarnya paham radikalisme ini. Deklarasi yang dihadiri sekitar 200 kiai pesantren tersebut nantinya akan menjadi sebuah gerakan langsung di desa-desa. Di setiap ceramah yang disampaikan para pendakwah ini, harus meyisipkan pesan-pesan anti radikalisme agar warga tidak lagi terpengaruh dengan bujuk rayu mereka.

Komandan Komando Distrik Militer Bangkalan Kolonel Infantri Sunardi Istanto menuturkan modus menebar paham radikal kini tidak melulu melalui forum resmi. Janjinya pun, kata dia, tidak lagi seputar masuk surga dan mati syahid.

Menurut dia, paham radikal kini disebar lewat hal-hal yang dekat dengan kebutuhan masyarakat, seperti media sosial dan selebaran. “Kalau bergabung, tidak lagi dijanjikan surga, tapi dijanjikan gaji besar dan kebutuhan hidupnya dipenuhi. Ini makin berbahaya,” ujarnya.

Karena itu, Sunardi berharap ulama di Bangkalan ikut membantu pemerintah mencegah meluas penyebaran paham radikal. “Karena paham radikal bisa mengganggu stabilitas keamanan nasional,” tuturnya. (jb)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Denny Siregar Bongkar Propaganda Busuk Kelompok Radikal dan Liberal | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: