Internasional

Lagi, Saudi Eksekusi 5 Warga Asing di Jeddah

Salafynews.com – Lima orang asing dieksekusi di Saudi dengan dalih pembunuhan dan perampokan. Dengan ini Kerajaan Saudi mengalami kenaikan drastis terkait jumlah eksekusi hukuman mati di negri itu.

Kementerian Dalam Negeri Saudi mengumumkan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa lima warga negara asing dihukum karena membunuh seorang penjaga India dan mencuri uang dari brankas. Kelimanya dipenggal di kota Laut Merah Jeddah pada hari sebelumnya.

Saudi Press Agency mengidentifikasi terpidana mati sebagai Khaled Fetini dan Ibrahim Nasser dari Yaman, Hassan Omar dari Chad serta Eritrea Salem Idriss dan Abdel Wahhab Abdel Maeen dari Sudan.

Sampai bulan ke-lima tahun ini, Kerajaan Saudi telah mengeksekusi 78 orang. Sementara di sepanjang tahun 2014, kerajaan ini mengeksekusi 87 orang.  Hal ini menunjukkan peningkatan drastis dalam penerapan hukuman mati di sana.

Amnesty International telah berulang kali memperingatkan bahwa jumlah pemenggalan di negara ini adalah melihat mengalami lonjakan yang mengerikan. Menurut kelompok advokasi hak yang berbasis di London, Arab Saudi termasuk salah satu Negara dengan tingkat eksekusi tertinggi di dunia.

Pejabat Saudi mengeksekusi narapidana dengan pedang dan kemudian menjuntai mayat mereka dari helikopter agar dilihat oleh publik.

Pemerintah Saudi mengatakan eksekusi adalah bagian dari komitmen kerajaan untuk “menjaga keamanan dan mewujudkan keadilan.”

Ulama Muslim juga telah mengecam Riyadh dalam pelaksanaan eksekusi tanpa memberikan mereka kesempatan untuk membela diri.

Pemerkosaan, pembunuhan, kemurtadan, perampokan bersenjata dan perdagangan narkoba semuanya dapat dihukum dengan kematian di bawah Kerajaan Arab Saudi. (jb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: