Internasional

Lagi, Saudi Penggal 3 Narapidana

RIYADH, Salafynews.com – Lagi-lagi Arab Saudi menghukum mati dengan cara memenggal tiga narapidananya. Hal ini membuat jumlah eksekusi yang telah dilakukan kerajaan itu menjadi 107 orang dalam satu tahun ini saja.

Kementrian Dalam Negeri Saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dimuat oleh kantor berita Saudi pada hari Rabu(29/7) kemarin, bahwa salah satu dari mereka yang dipenggal bernama Turki al-Diaini yang dieksekusi di ibukota Riyadh. Seorang pria lagi, Sharie al-Jineibi dieksekusi di wilayah baratdaya Asir. Sedang yang ketiga, Mansour al-Roali, dipenggal di barat laut wilayah Jawf.

PEMENGGALAN SAUDI 1Diani dan Jineibi dihukum atas tuduhan pembunuhan, sementara Roali dieksekusi atas tuduhan perdagangan narkoba.

Pembunuhan terakhir ini membuat jumlah orang yang dieksekusi oleh kerajaan itu menjadi 107 selama tahun 2015 saja.

Perhatian dunia kini mengarah ke Arab Saudi seiring dengan melonjaknya jumlah eksekusi di Arab Saudi. Menurut catatan AFP, jumlah eksekusi warga Saudi dan warga asing yang dipenggal pada tahun ini meningkat menjadi 123 persen dari 87 persen pada tahun 2014.

Human Right Watch(Pengawas HAM) bersikeras menyatakan bahwa pihaknya telah mendokumentasikan ‘pelanggaran-pelanggaran hukum’ didalam sistem hukum Saudi itu sendiri. Kelompok HAM itu juga menambahkan bahwa sulit untuk menerima keputusan yang adil dalam proses peradilan di Arab Saudi.

Ulama-ulama Muslim juga mengecam Riyadh atas apa yang dilakukan dengan menuduh dan mengeksekusi terdakwa tanpa memberi mereka kesempatan mereka untuk membela diri. Para Ulama tersebut menggambarkan apa yang dilakukan Saudi sebagai tindakan yang tidak beradab.

Otoritas Saudi menghukum mati para narapidana dengan pedang. Beberapa laporan juga menyatakan bahwa terkadang tubuh-tubuh yang kepalanya telah dipenggal itu kemudian digantung di helikopter untuk membuat jera masyarakat. (lm/PTV/SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: