Internasional

Latih Pemberontak Suriah, Inggris Kirim 85 Tentara ke Turki dan Yordania

Salafynews.com – Inggris mengumumkan pengiriman 85 tentara pasukannya ke Turki dan Yordania untuk berpartisipasi dalam program yang yang dipimpin oleh Amerika Serikat melatih dan mempersenjatai apa yang disebut pemberontak moderat Suriah.

Surat kabar Daily Telegraph mengutip sebuah sumber di Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan ribuan pemberontak akan dilatih selama tiga tahun ke depan di beberapa daerah. Demikian menurut SANA.

Pengumuman tersebut datang setelah surat kabar Hurriyet Turki mengungkapkan bulan lalu bahwa pasukan khusus AS telah tiba di Turki untuk berpartisipasi dalam pelatihan teroris tersebut.

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter, pada (7/5) lalu, juga mengumumkan bahwa pasukan AS mulai melatih pemberontak bersenjata yang disebut-AS dan Barat sebagai “pemberontak moderat” di Yordania, yang program tersebut nantinya  akan dituntaskan di Turki dan Qatar. Hal tersebut diakui oleh juru bicara pemerintah Yordania Mohammed Momani yang menegaskan bahwa tentara negaranya terlibat dalam program ini.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond mengakui negaranya terus mendukung teroris di Suriah dengan segala cara, termasuk persenjataan dari pintu gerbang yang disebut “pemberontak moderat”. Sementara itu  Presiden AS Barack Obama beberapa bulan lalu mengakui secara terbuka dukungannya dalam naungan perluasan organisasi teroris seperti  ISIS dan Front al-Nusra. (sm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: