Eropa

Lavrov: AS Pertahankan Front al-Nusra Untuk Gulingkan Assad dan Hancurkan Suriah

Jum’at, 17 Juni 2016,

SALAFYNEWS.COM, ST. PETERSBURG –  Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengatakan bahwa Amerika Serikat kemungkinan berusaha untuk mempertahankan kelompok teroris front al-Nusra yang berafiliasi dengan  al-Qaeda sebagai alat untuk menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan menghancurkan Suriah.

Pernyataan dibuat Lavrov di sela-sela pertemuan diskusi panel St Petersburg International Economic Forum 2016 (SPIEF 2016) pada hari Kamis (16/06).

Rusia telah lama bersikeras bahwa kelompok oposisi  yang disebut oposisi moderat Suriah dukungan AS, harus meninggalkan daerah yang dikuasai oleh militan Front Al-Nusra. Namun, Washington justru meminta Moskow untuk tidak melakukan serangan udara terhadap Front al-Nusra. (Baca: Amerika Halangi China Bantu Suriah Perangi ISIS)

Lavrov mengatakan bahwa AS mengklaim tidak mampu untuk menarik kelompok oposisi keluar dari wilayah yang dikuasai oleh teroris.

“Saya memiliki kesan bahwa beberapa permainan sedang dimainkan di sini dan mereka mungkin ingin mempertahankan front al-Nusra dan kemudian menggunakannya untuk menggulingkan pemerintahan Assad,” tambahnya. (Baca: Donald Trump: Tindakan AS di Irak, Suriah, Libya Hasilkan Radikalisme dan ISIS)

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, juga menyalahkan AS atas kebuntuan dalam dialog Suriah di Jenewa, karena tidak melakukan tekanan cukup pada sekutunya di wilayah ini.

“Ini adalah kesalahan Washington, bukan Moskow hingga mereka yang  mengambil bagian dalam penyelesaian Suriah telah gagal untuk duduk di meja perundingan sejauh ini,” kata Lavrov. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: