Eropa

Lavrov: Tidak Ada Satupun yang Berhak Paksa Assad untuk Pergi

Rabu, 18 Mei 2016,

SALAFYNEWS.COM, WINA – Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan bahwa tidak mungkin bagi siapapun untuk dapat memaksa Presiden Suriah Bashar Assad pergi, ia menjelaskan bahwa dukungan negaranya bukanlah untuk pribadi Assad melainkan bagi Suriah dan integritas wilayahnya.

Dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, dan utusan internasional untuk Suriah, Staffan de Mistura pada acara penutupan konferensi Wina tentang Suriah pada hari Selasa (17/05), Lavrov menuduh Turki telah bekerja keras menyuplai para militan dan senjata ke wilayah Suriah.

Ia mengatakan, bahwa disana terdapat bantuan konstan bagi elemen-elemen dari kelompok teroris “Jabhah Al-Nusrah” melalui Turki, namun saat ini jumlah personilnya jauh lebih sedikit.

Ia menambahkan bahwa “ada jaringan besar yang mengirim para militan dan senjata dari Turki, kami telah laporkan masalah ini kepada Dewan Keamanan PBB, mereka menyangkal dokumen, namun kami memiliki daftar nama sejumlah organisasi dan informasi lainnya”, dilansir dari

Ia meminta Turki untuk memberikan klarifikasi tentang kasus yang terjadi di wilayahnya dalam masalah ini.

Lavrov menegaskan bahwa “upaya kami tertuang ke arah penyelesaian file Suriah, masyarakat internasional tidak ada dalam rangka untuk mendukung secara pribadi Presiden Suriah Bashar Assad, melainkan dalam rangka mendukung negara Suriah dan integritas wilayah negara, tidaklah mungkin untuk memaksa Assad pergi”.

Ia menekankan akan universalitas negosiasi Suriah dan pentignya partisipasi semua pihak dan tidak harus mengecualikan pihak manapun darinya. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: