Internasional

Lebih dari 400 Warga Tajik Bergabung ISIS

Salafynews.com – Seorang pejabat senior Tajikistan mengatakan ratusan warga dari negara Asia Tengah telah bergabung dengan teroris ISIS, yang mendatangkan malapetaka dan melakukan kejahatan mengerikan di Irak dan Suriah.

Jaksa Agung Tajikistan, Yusuf Ahmedov mengatakan pada hari Senin bahwa lebih dari 400 orang Tajik, sebagian besar berusia antara 18 dan 35, bergabung dengan ekstrimis ISIS, kantor berita resmi Suriah SANA melaporkan.

Dia juga mengatakan bahwa sekitar 40 warga Tajik telah melakukan perjalanan ke dua negara Timur Tengah yang dilanda krisis dengan keluarga mereka, dan hampir 60 dari mertek tewas dalam pertempuran di Suriah dan Irak.

Pada tanggal 30 Mei, para pejabat Amerika menegaskan bahwa Kolonel Gulmurod Khalimov, kepala unit pasukan khusus Tajikistan yang dikenal sebagai Omon, telah membelot ke ISIS.

Kolonel_Gulmurod_Khalimov

Kolonel Gulmurod Khalimov, mantan kepala unit pasukan khusus Tajikistan yang dikenal sebagai Omon

Kolonel Gulmurod Khalimov, mantan kepala unit pasukan khusus Tajikistan yang dikenal sebagai Omon, dalam video online-nya dengan mengenakan pakaian warna hitam ISIS serta senapan sniper dan bandolier amunisi, mengklaim bahwa ia telah mengikuti serangkaian program pelatihan di tanah Amerika sebanyak tiga kali.

Menurut sebuah laporan pada Oktober 2014 lalu, Dewan Keamanan PBB mencatat setidaknya ada 15.000 orang asing telah berbondong-bondong ke Suriah dan Irak untuk bergabung dengan ISIS atau kelompok teroris lainnya.

Negara-negara Eropa telah berulang kali menyatakan keprihatinan atas perkembangan ISIS, dan pengaruhnya di seluruh benua. Pihak berwenang khawatir bahwa militan Eropa akan menggunakan keterampilan tempur mereka terhadap negara mereka setelah kembali ke negara mereka masing-masing.

Para militan ISIS pada awalnya dilatih oleh AS di Yordania pada tahun 2012 untuk menggulingkan pemerintah Suriah. Para teroris telah melakukan tindakan mengerikan, serangkaian kekerasan, termasuk pemenggalan kepala terhadap semua masyarakat Irak dan Suriah seperti Syiah, Sunni, Kurdi dan Kristen. [SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: