Internasional

Majalah Inggris: Kehadiran Al-Hashd Al-Sya’bi Penting Dalam Operasi Pembebasan Mosul

Selasa, 19 April 2016

BAGHDAD, SALAFYNEWS.COM – Majalah Inggris “The Economist”, Senin (18/04), menganggap bahwa persiapan pasukan Irak untuk membebaskan kota Mosul yang masih dikendalikan oleh para elemen teroris ISIS masih menemui beberapa hambatan dan kendala yang cukup banyak sehingga mempersulit operasi pembersihan pada tahun ini, selain itu disebutkan bahwa kehadiran pasukan Al-Hashd Al-Sya’bi sangatlah penting.

Majalah Inggris itu dalam sebuah laporannya menyebutkan bahwa “para pejabat Irak masih menyatakan keyakinan mereka untuk mampu mengusir kelompok teroris ISIS dari Mosul sebelum akhir tahun 2016, sementara sejumlah analis militer asing berpendapat bahwa belum ada indikasi yang memungkinkan pembebasan kota sebelum tahun 2017”.

Majalah tersebut mengutip keterangan seorang analis militer dan konsultan, Michelle Briggant, yang mengatakan “terlihat belum cukup dalam membangun kekuatan pasukan Irak untuk dapat membebaskan Mosul”, ia menegaskan “kehadiran pasukan Al-Hashd Al-Sya’bi adalah sebuah keharusan karena mereka memiliki pengalaman yang pernah diperoleh selama beberapa pertempuran sebelumnya”.

Briggant menambahkan bahwa “Washington tidak siap untuk memberikan atribusi militer sesuai ukuran yang diperlukan untuk operasi militer yang bertujuan merebut kembali kota Mosul. Itu berarti mungkin harus menunggu sampai pemilihan presiden baru dan memutuskan keputusan untuk memulai serangan yang sebenarnya terhadap kota tersebut”, ia menambahkan bahwa “Washington lah yang memiliki keputusan akhir dalam hal ini, bukan pemerintah Irak”.

Disebutkan, bahwa pemerintah Irak melalui pernyataan Perdana Menteri Haider Abadi seringkali menyangkal keterlibatan Washington dalam operasi militer tersebut dan membantah bahwa keputusan untuk memulai operasi pembebasan Mosul ada ditangan para pejabat Amerika. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: