Internasional

Mantan Intelijen Turki Beberkan Strategi Pengiriman Teroris ke Suriah

Salafynews.com – Seorang mantan pejabat intelijen militer Turki mengatakan, perusahaan-perusahaan ekspor – impor palsu didirikan di Turki untuk menjamin finansial kelompok-kelompok Takfiri Suriah dan mengirim dana secara langsung  dari Arab Saudi dan negara-negara Teluk  lainnya ke tangan teroris melalui perusahaan ini .

Wakil Pertama Ketua Partai Nasional dan mantan Kepala Departemen Urusan Intelijen pada Otoritas Umum Kepemimpinan  Angkatan Bersenjata, Ismail Hakki Bakin menambahkan,  Pemerintah Turki pada mulanya membayangkan akan mampu menggulingkan pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad dengan mudah dan menundukkan pasukan pro Assad yang berkuasa di negeri ini.

Bakin menyinggung perbatasan yang  memanjang antara Turki dan Suriah, pada saat yang sama ia memperingatkan bahaya kelompok-kelompok Takfiri bagi semua Negara. Mereka mengkafirkan semua sekte Islam dan menghalalkan darah para penganutnya.

“Sejumlah besar gerilyawan bersenjata telah pindah ke Suriah melalui wilayah Turki, dan 12 000 orang telah pergi ke Suriah dan Irak untuk berperang, termasuk dua ribu orang warga Turki berada di Suriah,” ungkap mantan Pejabat Intelijen ini.

Seputar pengiriman teroris ke Suriah, ia menuturkan, “Kelompok-kelompok Teroris menghimpun para gerilyawan bersenjata  di kota-kota seperti Istanbul, Ankara dan Izmir melalui internet, dan diketahui oleh intelijen Turki. Teknik ini telah diterapkan sebelumnya di Afghanistan.”

“Perusahaan Turki didirikan di bidang ekspor dan impor. Dan perusahaan-perusahaan palsu ini menghimpun militan bersenjata termasuk ISIS dan Front al-Nusra. Mereka memberikan  sejumlah uang berkisar antara seribu hingga seribu dua ratus dolar kepada para militan,” ujarnya.

Bakin menekankan bahwa orang-orang ini menyeberangi perbatasan Suriah melalui perbatasan (Hatay) dengan mudah dan kemudian memberikan  800 hingga 900 dolar kepada komandan kelompok Takfiri setelah membeli senjata dari para penyelundup. Kemudian setelah melintasi jalan ini , uang dalam jumlah besar akan diberikan kepada para pemimpin kelompok Takfiri.

Mantan pejabat militer Turki itu menegaskan, strategi  yang digunakan untuk mengangkut teroris ke Suriah melalui Turki ditentukan secara teliti dan  menambahkan bahwa dirinya akan memerincinya dalam sebuah buku. Ia mengatakan bahwa  hanya 7 sampai 10 persen dari rakyat Turki setuju dengan  teroris ISIS dan kelompok-kelompok teroris lainnya, namun segmen lain dari masyarakat Turki tidak memiliki hubungan dengan mereka.

Bakin menyinggung pelatihan yang diterima oleh teroris di wilayah Turki, Arab Saudi dan Yordania.

“2 ribu orang menerima pelatihan di Turki dan 3 ribu orang di Arab Saudi dan Yordania untuk berperang di Suriah.” Ia menambahkan.

Di sisi lain, ia beranggapan bahwa Amerika ingin menciptakan kondisi di Turki mirip dengan apa yang terjadi di Pakistan. Mereka ingin menggunakan pangkalan udara Incirlik untuk menerbangkan drone  dan menetapkan pangkalan ini sebagai kegiatan dan afiliasinya. (ss)

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Turki Terlibat Dalam Serangan ISIL di Kobani | Salafy News

  2. Pingback: Tiga Pasukan Khusus Turki Ditangkap Pasukan Kurdi | Arrahmah News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: