Internasional

Mantan Kepala Pasukan Khusus Didikan AS Ini Jadi “Menteri Perang” ISIS

Rabu, 07 September 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSUL – Kolonel Gulmurod Khalimov, mantan kepala pasukan khusus Tajikistan yang pernah dilatih Amerika Serikat (AS) telah diangkat menjadi “Menteri Perang” di kelompok ISIS. Khalimov membelot dan bergabung dengan ISIS pada 2015. (Baca: STRES, KETAKUTAN! Teroris ISIS Lepas Seragam dan Cukur Jenggot)

Media lokal di Tajikistan melaporkan bahwa Khalimov yang dikenal sebagai “The Tajik” di kalangan kelompok Islamic State (ISIS) telah dipromosikan untuk menggantikan Abu Omar al-Shishani yang juga dikenal sebagai “Ginger Jihad” sebagai “Menteri Perang” ISIS.

Shishani “Menteri Perang” ISIS sebelumnya yang berasal dari Georgia dan pernah bertempur di Chechnya, tewas dalam serangan udara AS pada Juli 2016. (Baca: Lebih dari 400 Warga Tajik Bergabung ISIS)

Sumber keamanan Irak yang dikutip Iraq News mengatakan bahwa ISIS tidak resmi mengumumkan promosi Khalimov karena takut dia akan menjadi sasaran serangan koalisi yang dipimpin AS.

As percaya Khalimov menjadi salah satu pemimpin senior ISIS. AS menawarkan hadiah sebesar USD3 juta untuk informasi yang mengarah pada lokasi atau penangkapan Khalimov. (Baca: Nyamar Pakai Baju Wanita, Asisten Wali ISIS Ditangkap Pasukan Keamanan Irak)

Sejak bergabung dengan ISIS, Khalimov pernah muncul dalam video yang diunggah di YouTube. Dalam video, dia tampak berada di Mosul dan bersumpah setia pada pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

Khalimov, 41, dianggap sebagai ancaman karena menguasai pelatihan kontra-terorisme. “Termasuk respons krisis, negosiasi sandera dan kepemimpinan taktis,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan pada akhir Agustus 2016 lalu. (Baca: Aliran Sesat Wahabi Bantai Muslimin dan Madzhab Islam Yang Sah)

Khalimov yang jadi pemimpin “jihad” dan penembak jitu terlatih pernah mengumbar ancaman mengerikan terhadap AS, Rusia dan Tajikistan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: