Internasional

Mantan Presiden Mesir Morsi Divonis Hukuman Mati

Salafynews.com – Pengadilan Mesir,  Sabtu (16/5) hari ini, mengeluarkan vonis hukuman mati kepada presiden Presiden terguling Mohamed Morsi dan lebih dari 100 terdakwa lainnya terkait kasus penyerbuan penjara pada revolusi 25 Januari 2011 lalu.

Mursi hadir di balik jeruji besi di dalam pengadilan ketika putusan itu dikeluarkan.

Ia hadir mengenakan seragam tahanan warna biru sambil mengangkat kepalan tangannya ketika hakim membacakan vonis. Sebelumnya Morsi telah divonis 20 tahun penjara dalam kasus lainnya, terkait menghasut kekerasan. Demikian seperti dilansir AFP..

Pemimpin kelompok Ikhwanul Muslimin Mohammad Badei dan wakilnya Khairat al-Shater juga divonis mati. Badei sendiri telah mendapat vonis mati dalam kasus lainnya.

Sejumlah besar terdakwa dijatuhi vonis dalam persidangan yang digelar Sabtu (16/5) ini, Mereka diadili secara in absentia, termasuk ulama ternama Yusuf al-Qardawi yang kini tinggal di Qatar.

 

Dalam dua kasus lainnya, Morsi berhasil lolos dari hukuman mati. Namun untuk kasus ini, Morsi terancam akan berakhir di tiang gantungan.

Dalam kasus ini, Morsi diadili bersama 128 terdakwa lainnya atas plot penyerbuan penjara dan serangan terhadap polisi pada tahun 2011, ketika Mesir tengah dilanda kerusuhan pelengseran Hosni Mubarak yang saat itu menjabat Presiden Mesir.

Pengadilan menuding kasus ini sebagai konspirasi besar-besaran, di mana saat itu, kantor polisi di Mesir dibakar hingga ribuan tahanan penjara yang ada di dalam berhasil melarikan diri. (ss)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: