Eropa

Masa Depan Erdogan dan Turki di Tangan Israel-Rusia

Rabu, 06 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan harapan atas membaiknya hubungan Turki dengan Rusia dan Israel, dan ia juga optimis bahwa hubungan ini akan berkembang dengan cara yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa masa depan Erdogan dan Turki ada di tangan Israel-Rusia. (Baca: Turki-Israel Adakan Pertemuan Super Rahasia)

“Kami sedang mengembangkan hubungan dengan Israel dan Rusia,” kata Presiden Turki dalam pidatonya kepada rakyatnya pada kesempatan akhir Ramadan, bulan puasa dan doa bagi umat Islam di seluruh dunia. “Langkah-langkah timbal balik positif yang diambil selama beberapa minggu terakhir memberi kita harapan untuk masa depan,” katanya, dan menambahkan bahwa Turki “akan mengatasi krisis yang disebabkan oleh masalah di Suriah, terorisme dan militansi serta membangun kembali hubungan” dengan negara-negara lainnya.

Normalisasi hubungan Turki dengan Rusia dan Israel dimulai pekan lalu. Ankara sebelumnya putus kontak dengan Moskow sejak November 2015 ketika Angkatan Udara Turki menembak jatuh Sukhoi Su-24 Rusia di atas wilayah Suriah. Pembicaraan langsung antara kedua diplomat negara itu telah ‘diadakan pada tanggal 1 Juli di Sochi berkat surat Erdogan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, di mana ia meminta maaf atas insiden tersebut. (Baca: Alexei Pushkov : Ankara Harus Meminta Maaf, Jika Berniat Pulihkan Hubungan Dengan Moskow)

Sementara itu, hubungan Ankara dengan Israel telah dipulihkan kembali setelah selama 6 tahun terakhir putus, yang disebabkan oleh serangan pasukan komando Israel ke kapal kemanusiaan Mavi Marmara yang berusaha untuk mematahkan blokade Gaza. Pada tanggal 27 Juni, kedua belah pihak mengumumkan perjanjian untuk memperbaiki hubungan.  (SFA)

Sumber: TASS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: