Internasional

Mau Menang Sendiri, Hubungan Yordania Saudi Semakin Meruncing

Salafynews.com – Yordania adalah salah satu negara Arab yang terlibat dalam koalisi pimpinan Arab Saudi anti Ansarullah di Yaman. Namun demikian, belakangan ini Yordania terlibat perselisihan tajam dengan Arab Saudi akibat egoisme rezim Riyadh. Demikian dinyatakan jurnalis terkemuka Arab Abdel Bari Atwan dalam laporannya di media Rai al-Youm dan dikutip IRNA, Jumat (24/4).

Menurut Atwan, mantan Presiden Perancis François Fillon yang belum lama mengadakan pertemuan dengan para pejabat tinggi Yordania mengatakan, “Orang-orang Yordania sangat kecewa terhadap kebijakan Arab Saudi. Mereka mengatakan bahwa Saudi mau menang sendiri dan tidak mau berkonsultasi dan berkoordinasi mengenai mekanisme penumpasan terorisme dan hubungan dengan negara-negara Islam lainnya.”

Atwan menyebutkan bahwa sejak terjadi serangan udara ke Yaman, taraf hubungan Saudi – Yordania justru merosot tajam. Delegasi Yordania yang belakangan ini berkunjung ke Riyadh untuk membantu Saudi dalam perang Yaman akhirnya kembali ke Amman begitu saja.

“Perselisihan antara Saudi dan Yordania terlihat dalam pernyataan Raja Abdullah II dari Jordania belum lama ini. Dalam pidatonya dia mengaku menghendaki penyelesaian Yaman melalui jalur politik,” lanjut Atwan.

Pemimpin redaksi Rai al-Youm ini juga menyebutkan bahwa meskipun dinyatakan bergabung dalam koalisi Arab anti Yaman, namun tak ada satupun jet tempur Yordania yang terlibat dalam serangan udara ke Yaman.

Mengenai Pakistan, Atwan menyatakan Saudi sangat terpukul oleh keengganan Islamabad membantu Riyadh menggempur Yaman. Menurutnya, sebagian pejabat Arab Saudi sedemikian terpukul oleh sikap Pakistan itu sehingga menghendaki supaya semua bantuan Riyadh untuk Islamabad dihentikan. (ms)

Sumber: Liputan Islam

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: