Nasional

Menag; Pemerintah Telah Lakukan 3 Langkah Pulihkan Keberagamaan di Tolikara

SORONG, Salafynews.com – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, setidaknya Pemerintah mempunyai tiga upaya yang dilakukan untuk memulihkan kehidupan dan kerukunan antara umat beragama di Tolikara, Papua.

Ketiga hal itu adalah rehabilitasi, penegakan hukum, dan peningkatan dialog antar umat beragama.

Menurut Menag, sejak terjadi kasus itu, Pemerintah segera melakukan rehabilitasi. “Segera dilakukan rehabilitasi supaya kondisi bisa seperti sediakala,” katanya, seperti dikutip dari situs resmi Kemeng.go.id, usai membuka acara Konsultasi Pembinaan Kehidupan Beragama dalam Konteks Masyarakat Majemuk se Papua, Maluku, dan Papua Barat, Sorong, Kamis (13/8) .

Upaya kedua adalah melakukan proses dan penegekan hukum. “Pemerintah sudah melakukan penyelidikan dan penyidikan, agar diketahui siapa saja aktor-aktor intelektual di balik kejadian itu, dengan harapan agar tidak terjadi di tempat lain,” tuturnya.

Ketiga, lanjut Menag, membangun dialog-dialog yang lebih intensif antara tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah pusat maupun daerah, agar bisa menyamakan pandangan dalam menyikapi keragaman. Karena, sudah kita ketahui bangsa Indonesia adalah masyarakat yang beragam. [SFA/AB]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: